Mesa Bersiap Untuk Menjatuhkan GLSL-To-TGSI Lama – Penghapusan Kode Besar, Menangkan Untuk Performa & Perbaikan

Sebuah proyek lebih dari satu tahun dalam pembuatan oleh Emma Anholt akan menandai penyelesaiannya dengan GLSL-to-TGSI diatur untuk dihapus dari Mesa dimana Gallium3D akan selalu melalui representasi perantara NIR sementara driver yang lebih tua masih bergantung pada TGSI akan menggunakan dari pass NIR-Ke-TGSI. Menggunakan NIR berarti kinerja yang lebih baik dan menyingkirkan jalur kode GLSL-ke-TGSI berarti membebaskan lebih dari dua puluh ribu baris kode.
Anholt sejak akhir 2020 telah bekerja untuk memindahkan pengemudi yang lebih tua/lebih kecil dari ketergantungan TGSI mereka dan mendapatkan dukungan NIR melalui jalur NIR-ke-TGSI. Dari pekerjaan yang berlangsung lama ini telah memindahkan Virgl ke NIR, seri GeForce FX / 6/7 di Nouveau sekarang menggunakan NIR-ke-TGSI pada Mesa 22.1, Radeon R300g menggunakan jalur ini juga sejak tahun lalu, dan driver Intel i915g yang lama juga mengambil rute ini. Dengan perubahan driver ini dan pekerjaan Mesa lainnya yang telah digarisbawahi selama setahun terakhir, rute GLSL-ke-TGSI dibuat berlebihan dan dapat dihilangkan. NIR adalah representasi perantara modern yang digunakan oleh driver Mesa open-source yang lebih baru dan memiliki potensi pengoptimalan yang jauh lebih baik, dirancang lebih baik untuk kebutuhan grafis modern, dan semuanya memiliki kualitas dan kemampuan kode yang lebih baik akhir-akhir ini daripada TGSI yang dimulai sebagai Gallium3D asli. IR untuk Mesa.
Penghapusan ini merupakan kemenangan bagi pengembang Mesa dengan lebih dari 20 ribu baris kode dihapus untuk menurunkan beban pemeliharaan, terutama untuk area yang diabaikan dari basis kode besar.

Permintaan penggabungan ini menggantikan fungsi glsl_to_tgsi() dengan menggunakan glsl_to_nir() dan nir_to_tgsi (). Jadi driver yang tidak secara asli mendukung representasi perantara NIR akan beralih dari OpenGL Shading Language (GLSL) ke NIR dan kembali ke TGSI untuk konsumsi driver. Hanya beberapa perubahan yang masih tertunda terlebih dahulu di sekitar Virgl, R600g, Nouveau, dan beberapa perbaikan regresi sebelum penggabungan itu dapat dilakukan.
Mereka yang memiliki GPU lama juga dapat merayakannya karena upaya untuk melewati NIR ini berarti kemungkinan kinerja yang lebih baik, perbaikan, dan kode yang diuji lebih baik secara umum.

Emma Anholt mencatat di milis untuk manfaat melewati garis finish di luar potensi kinerja , “Kami mengalami sedikit regresi pengujian pada driver yang tersisa, dan mendaratkannya memberi kami perbaikan pengujian dan peningkatan kinerja sambil menghapus 22.000 baris kode yang tidak terpelihara dan tidak diuji-CI.”
Jadi dengan asumsi tidak ada rintangan menit terakhir yang muncul, harapannya adalah untuk menyelesaikan pekerjaan ini segera dan dengan demikian akan menjadi pembersihan yang bagus untuk rilis Mesa 22.2 kuartal berikutnya.

Itulah berita seputar Mesa Bersiap Untuk Menjatuhkan GLSL-To-TGSI Lama – Penghapusan Kode Besar, Menangkan Untuk Performa & Perbaikan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.