Mesa Radeon Driver “RADV” Ray-Tracing Performance Menjadi Layak Untuk Gaming Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain peningkatan kinerja ~10% yang terlihat kemarin untuk kinerja ray-tracing RADV dengan Quake II RTX, permintaan penggabungan lainnya juga dibuat ke Mesa 22.3 untuk meningkatkan kinerja ray-tracing RADV secara lebih signifikan. Dengan semua pekerjaan ray-tracing RADV baru-baru ini, kami akhirnya mencapai titik di mana itu menjadi layak untuk gamer Linux pada driver open-source ini.
Sementara dukungan RADV RT telah tersedia selama berbulan-bulan dengan Mesa, kinerjanya tidak terlalu bagus. Ada banyak masalah yang harus diatasi agar driver Mesa Vulkan ini memberikan dukungan ray-tracing secara efisien pada GPU AMD. Tetapi setelah banyak kerja keras oleh Bas Nieuwenhuizen, pengembang Valve yang didedikasikan untuk pekerjaan tumpukan grafis open-source untuk Linux, dan lainnya, investasi besar mulai membuahkan hasil.
Salah satu permintaan penggabungan RADV RT besar lainnya untuk mencapai Mesa arus utama adalah menambahkan tumpukan awal untuk mengurangi tumpukan LDS dalam traversal ray-tracing. Seorang pengguna yang menguji tambalan selama seminggu terakhir telah mencatat bahwa itu berfungsi “sangat baik” sekarang untuk game Control dan Resident Evil 8. Pengguna lain melaporkan bahwa kinerja dengan Control “jelas lebih baik” dan juga tidak lagi menunjukkan gangguan.
Quake II RTX telah menjadi target pengujian umum untuk pengembang driver Vulkan sumber terbuka yang mengevaluasi kinerja ray-tracing. Pembaca Phoronix

A melaporkan peningkatan kinerja lebih dari 90% dengan Mesa terbaru saat mencoba Quake II RTX. Dorongan besar itu juga membuatnya sekarang di atas ambang 60 FPS dari 44 menjadi 84 FPS.
Secara keseluruhan sepertinya kami mencapai tahap di mana ray-tracing RADV menjadi cukup matang dan cukup cepat untuk game Linux. Ini adalah pencapaian yang luar biasa karena hingga saat ini Radeon ray-tracing di Linux mengharuskan penggunaan driver Vulkan milik AMD. AMDVLK baru saja menambahkan ray-tracing dengan proyek GPURT AMD yang baru tetapi upaya itu juga tampaknya masih dalam tahap awal.
Mudah-mudahan dengan rilis Mesa 22.3 kuartal berikutnya atau Mesa 23.0 di tahun baru kode RADV RT akan siap untuk beberapa perbandingan benchmark dan melihat seberapa baik dapat menumpuk terhadap dukungan ray-tracing lama NVIDIA di Linux dengan mereka pengemudi berpemilik.

Itulah berita seputar Mesa Radeon Driver “RADV” Ray-Tracing Performance Menjadi Layak Untuk Gaming Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.