Mesin Virtual Motorola 68000 “m68k” Dengan RAM Hingga 3.2GB Diharapkan Untuk Linux 5.19

Sedang dikerjakan untuk sementara waktu telah menjadi target virtualisasi Motorola 68000 “m68k” yang lebih kuat. Sepertinya target mesin virtual baru akan datang dengan Linux 5.19 untuk memungkinkan tamu m68k dengan RAM hingga 3,2GB dan hingga 128 perangkat VirtIO.
Target Macintosh Quadra 800 yang ada memungkinkan hanya hingga 1GB RAM dan satu set antarmuka tertentu yang bertujuan untuk mencocokkan target perangkat keras yang sebenarnya. Sementara itu selama setahun terakhir, mesin virtual m68k baru telah digabungkan dengan baik dan berdasarkan antarmuka/perangkat Goldfish Google yang digunakan untuk simulasi Android sambil memungkinkan memori sistem hingga 3,2GB dan hingga 128 perangkat VirtIO. Ini murni sistem m68k virtual. Dukungan sisi QEMU untuk target ini digabungkan dalam QEMU 6.0.
Mesin m68k baru ini jelas tidak relevan untuk dicocokkan dengan perangkat keras apa pun yang tersedia, tetapi berguna bagi mereka yang ingin menikmati arsitektur Motorola 68000 dalam lingkungan virtual dengan kapasitas memori sistem dan perangkat virtual yang lebih mumpuni. Kami telah berbicara tentang mesin m68k virtual ini di masa lalu dengan patch sebelumnya sementara berita minggu ini adalah perangkat virtual murni ini telah masuk ke cabang Git m68k “untuk-berikutnya”. Jadi, kecuali ada masalah menit terakhir, perangkat virtual baru ini akan ditemukan di kernel Linux 5.19 musim panas ini.

“Mesin virtual murni” ini dapat diaktifkan melalui opsi waktu pembuatan “VIRT” untuk kernel m68k dan untuk saat ini ada di linux-m68k untuk selanjutnya. Dalam membangun kode Goldfish yang ada di kernel dan kode m68k lainnya, mesin baru kurang dari 600 baris kode kernel baru. Pekerjaan ini dipelopori oleh Laurent Vivier.
Prosesor seri Motorola 68000 digunakan pada tahun 1980-an dan awal 90-an sementara masih tetap populer di kalangan penggemar perangkat keras kuno akhir-akhir ini mengingat CPU ditemukan di komputer Macintosh awal serta dari Sun, NeXT, Tandy, dan perangkat keras populer lainnya saat itu. .

Itulah berita seputar Mesin Virtual Motorola 68000 “m68k” Dengan RAM Hingga 3.2GB Diharapkan Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.