Microsoft Lands VA-API Ke Direct3D 12 H.264 Video Encode/Decode Di Mesa

Microsoft telah membuat banyak perkembangan dan manuver yang menarik selama beberapa bulan terakhir untuk memanfaatkan Mesa open-source untuk digunakan oleh Windows Subsystem for Linux (WSL) dan mendukung berbagai Khronos API di atas Direct3D 12 untuk digunakan ketika driver asli tidak ada di Windows. Pekerjaan ini sejauh ini telah difokuskan pada OpenGL, OpenCL, dan Vulkan tetapi Microsoft sekarang bahkan telah menerapkan dukungan API video Direct3D 12 dalam Mesa dan memanfaatkan dukungan pelacak status VA-API dalam Mesa.
Sederhananya, upaya terbaru ini memungkinkan aplikasi GUI WSL seperti pemutar media menikmati akselerasi video perangkat keras. Dalam kode yang digabungkan ke jalur utama untuk Mesa 22.2, API video D3D12 telah diterapkan dan titik masuk VA-API yang relevan untuk enkode/dekode H.264. Dengan demikian, pemutar video/perangkat lunak multimedia Linux yang mendukung Video Acceleration API (VA-API) akan “secara ajaib” dapat menikmati akselerasi video Direct3D 12 saat dijalankan dalam WSL(2).
Ini adalah kemenangan besar bagi mereka yang menginginkan dukungan perangkat lunak GUI yang lebih kuat dalam Subsistem Windows untuk Linux dan selanjutnya memperkuat VA-API sebagai API video Linux yang dominan. Meskipun ada implementasi VA-API eksperimental independen di atas NVDEC NVIDIA, VA-API tidak memiliki dukungan di seluruh papan untuk semua GPU/driver, jadi dukungan ini di atas video Direct3D 12 secara teknis membuatnya lebih kuat di Windows daripada Linux diri. Memang, setidaknya untuk saat ini terbatas pada codec H.264 tetapi kode saat ini dirancang untuk dapat diperluas untuk mendukung lebih banyak codec video yang bergerak maju.
Teknisi Microsoft mengerjakan dukungan video D3D12 ini dan front-end akselerasi video Gallium3D mengubah dirinya sendiri dan berhasil menguji penggunaan VA-API dengan encode/decode/transcode FFmpeg dan dengan MPV bercabang MPlayer dan vaah264 di bawah WSL dengan dukungan windowing X11 diaktifkan. Mungkin juga mereka mendukung NVIDIA Video Decode and Presentation API for Unix (VDPAU) sebagai implementasi lain yang didukung di atas video D3D12 dengan beberapa perubahan Gallium3D VDPAU juga dipentaskan sebagai bagian dari penggabungan ini, tetapi fokus awal tampaknya berada pada VA- antarmuka API.

Upaya ini telah berlangsung selama beberapa bulan dengan kembali pada bulan November saya menulis tentang Microsoft mengincar akselerasi video Direct3D 12 untuk Mesa. Sekarang kode kerja awal akhirnya siap dan diarusutamakan.
Detail teknis lebih lanjut bagi mereka yang tertarik melalui permintaan penggabungan ini yang beberapa waktu lalu mendarat di Mesa 22.2. Ini bermanfaat untuk WSL sebagaimana diuraikan tetapi untuk pengguna Linux asli, bare metal, 11,3 ribu baris kode baru di Mesa ini kemungkinan tidak akan banyak berguna.

Itulah berita seputar Microsoft Lands VA-API Ke Direct3D 12 H.264 Video Encode/Decode Di Mesa, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.