Microsoft Mempercepat Akselerasi Video Mesa VA-API Untuk FFmpeg

  • Post author:
  • Post category:Linux

Seorang insinyur Microsoft telah mendapatkan peningkatan pada pelacak status “VA” Mesa Gallium3D Video Acceleration yang dapat memungkinkan waktu pemrosesan video yang lebih cepat dan pemanfaatan GPU yang lebih besar.
FFmpeg mendukung opsi “async_depth” dengan encoder VA-API untuk meningkatkan paralelisme pemrosesan maksimum tetapi bergantung pada driver VA-API yang mendukung fungsi vaSyncBuffer. Sil Vilerino dari Microsoft telah menghubungkan dukungan vaSyncBuffer ke front-end VA Gallium3D. Pada gilirannya, mendukung fungsionalitas vaSyncBuffer ini dapat berarti peningkatan kinerja yang bagus dan pemanfaatan GPU yang lebih baik karena paralelisme yang meningkat.
Sementara permintaan penggabungan ini menambahkan dukungan ke Gallium3D VA, itu juga memerlukan driver individu yang mendukung kemampuan baru (PIPE_VIDEO_CAP_ENC_SUPPORTS_ASYNC_OPERATION). Dengan permintaan penggabungan Microsoft, hanya driver Direct3D 12 Mesa mereka yang mendukung batasan ini. Jadi tidak ada driver lain yang akan diuntungkan sekarang sampai diperbarui untuk mengekspos dukungan juga. Tetapi ketika dihubungkan, hasilnya terlihat bagus dengan perubahan ini:
Pengujian cepat pada beberapa klip video dengan driver d3d12 menunjukkan penggunaan GPU relatif 66% lebih banyak dan waktu 30% hingga 50% lebih cepat ketika FFmpeg mendeteksi dukungan async. Baru minggu lalu Microsoft menambahkan encode/decode HEVC ke driver Mesa mereka untuk digunakan dengan VA-API. Perubahan terbaru yang dipimpin Microsoft ini akan menjadi bagian dari rilis Q4, Mesa 22.3.

Itulah berita seputar Microsoft Mempercepat Akselerasi Video Mesa VA-API Untuk FFmpeg, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.