Motherboard Referensi AMD “Mayan Morgana” Ditambahkan ke Coreboot

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali pada bulan Oktober, proyek firmware Coreboot open-source mulai melihat tambalan untuk SoC AMD baru dengan nama kode “Morgana” dan “Glinda”. Pekerjaan itu berlanjut dan selama akhir pekan “Mayan Morgana” digabungkan sebagai motherboard referensi untuk SoC Morgana.
Dalam minggu-minggu sejak tambalan AMD SoC baru itu muncul untuk Coreboot, lebih banyak tambalan telah datang dan sekarang dengan “Mayan Morgana” kita mulai melihat papan referensi CRB dimulai. Morgana dan Glinda bukanlah nama kode AMD yang pernah kita dengar sebelumnya, tetapi tidak terlalu mengejutkan mengingat AMD Sabrina adalah nama kode awal untuk Mendocino di ruang Coreboot.

Komit baru yang menambahkan “Mayan_Morgana” digabungkan pada hari Minggu. Dari pengaturan Kconfig, jelas bahwa Morgana berfokus pada penggunaan Chrome OS / Chromebook, yang sama sekali tidak mengherankan mengingat AMD di ruang konsumen fokus mereka dengan Coreboot hampir seluruhnya terfokus di area ini.
Patch Glinda/Morgana sebelumnya telah menunjukkan SoC berada di bawah Family 17h, sehingga kemungkinan iterasi low-end lainnya pada Zen 2 sama seperti yang ada pada Mendocino. Belum jelas apakah Glinda dan Morgana merupakan perpanjangan dari Mendocino atau akan menjadi penerusnya di tahun 2023. Agak menyedihkan melihat desain Zen 2 baru masih datang mengingat peningkatan kinerja yang luar biasa dan peningkatan efisiensi yang ditemukan dengan Zen 3 dan Zen 4, tetapi sekali lagi ini untuk ruang kelas bawah.
Bagaimanapun, senang melihat Coreboot sumber terbuka terus berlanjut dan mudah-mudahan mereka akan membuka cakupan Coreboot mereka lebih dari sekadar Chromebook di masa mendatang – seperti satu dekade yang lalu ketika AMD menginginkan dukungan Coreboot untuk semua CPU di masa mendatang. Sejauh ini saya belum melihat Zen 4 berfungsi untuk Coreboot, jadi mungkin masih lama sebelum melihat Chromebook Zen 4 kelas atas.
Di luar firmware sistem, mereka juga terus terlibat di sekitar Sound Open Firmware dan saya masih sangat senang karena papan referensi EPYC Genoa mereka menjalankan OpenBMC. Apa lagi yang ingin Anda lihat dari AMD di sisi firmware sumber terbuka pada tahun 2023? Bagikan harapan Anda di komentar.

Itulah berita seputar Motherboard Referensi AMD “Mayan Morgana” Ditambahkan ke Coreboot, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.