Mozilla Firefox 99 Kini Tersedia untuk Diunduh dengan GTK Overlay Scrollbars

  • Post author:
  • Post category:Linux


Mozilla Firefox 99 open-source dan browser web lintas platform sekarang tersedia untuk diunduh sebelum peluncuran resminya pada 5 April 2022.

Firefox 99 hadir dengan kabar baik bagi pengguna Linux karena rilis ini menghadirkan scrollbar overlay GTK untuk tampilan yang lebih modern. Ini berarti bahwa bilah gulir sekarang akan terlihat lebih tipis secara default dan tampak lebih besar untuk memungkinkan Anda menyeretnya secara manual dengan kursor mouse saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya.

Mereka juga menghilang setelah satu detik jika tidak ada gerakan yang terdeteksi. Namun, scrollbar overlay GTK belum diaktifkan secara default sehingga Anda harus membuka halaman Pengaturan Lanjutan dengan mengetik about:config di bilah alamat, mencari opsi widget.gtk.overlay-scrollbars.enabled, dan menyetelnya to true dengan mengklik dua kali.

Rilis ini juga memperkuat sandbox Linux dengan membatasi akses ke Sistem X Window (X11) untuk proses yang terpapar ke konten web. Pengguna yang menggunakan Firefox Snap seharusnya senang dengan fitur keamanan baru ini.

Juga untuk sistem Linux, Firefox 99 menambahkan dukungan awal untuk Web MIDI API, yang memerlukan add-on khusus situs untuk mengaktifkannya di halaman web Anda. “Awal” berarti ada beberapa batasan, seperti fakta bahwa deteksi hot-plug perangkat saat ini tidak ada dalam rilis ini, meskipun seharusnya berfungsi di sebagian besar halaman web.

Selain itu, Firefox 99 tampaknya memungkinkan pengguna mencari teks dengan atau tanpa diakritik di penampil PDF, serta mengaktifkan fitur ‘Narrate’ di Mode Pembaca dengan menekan pintasan keyboard “n”. bit atau sistem 32-bit sekarang dari server FTP Mozilla. Namun, jika Anda telah menginstal Firefox dari repositori perangkat lunak distribusi GNU/Linux Anda, saya sarankan menunggu sampai versi baru tiba di sana akhir minggu ini.

Sementara itu, Mozilla meminta bantuan komunitas untuk menguji drive rilis Firefox 100, karena keluar pada 3 Mei 2022, untuk kompatibilitas situs web dengan nomor versi tiga digit.

Anda dapat melakukannya dengan mengaktifkan opsi String Agen Pengguna Firefox 100 baru di bagian Eksperimental pada halaman Pengaturan yang dapat diakses melalui about:preferences#experimental and report issues di webcompat.com.

Sumber: Google, 9to5linux.com