Mozilla Thunderbird 102 Dirilis dengan Buku Alamat Baru, Wizard Impor/Ekspor

  • Post author:
  • Post category:Linux


Mozilla Thunderbird open-source, cross-platform, dan klien email dan kalender gratis telah diperbarui hari ini ke versi 102, rilis besar yang menambahkan banyak fitur dan penyempurnaan baru.

Setelah pengumuman besar awal bulan ini bahwa Mozilla Thunderbird akan hadir di Android perangkat, proyek yang dirilis hari ini Mozilla Thunderbird 102 sebagai seri baru utama pertama dari klien email populer hampir setahun setelah rilis Mozilla Thunderbird 91.

Sorotan dari Mozilla Thunderbird 102 termasuk buku alamat baru yang mendukung pengimporan kontak dalam format vCard , menyegarkan desain kartu kontak dengan entri kontak baru, dan membuatnya lebih mudah untuk bernavigasi dan berinteraksi dengan kontak Anda.

Thunderbird 102 juga dilengkapi dengan wizard impor/ekspor baru yang akhirnya memudahkan untuk mengimpor dan mengekspor akun dan data tanpa bergantung pada add-on pihak ketiga. Wizard impor/ekspor baru memungkinkan Anda bermigrasi dari file, SeaMonkey, atau instalasi Thunderbird lainnya.
“Kami juga telah mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan bahwa tidak ada data yang terduplikasi secara tidak sengaja di profil Anda setelah impor. Untuk itu, tidak ada tindakan yang Anda pilih yang dieksekusi hingga langkah terakhir dalam proses,” kata devs.
Juga di Mozilla Thunderbird 102 adalah dukungan out-of-the-box untuk protokol obrolan terdesentralisasi Matrix yang populer, didesain ulang header pesan untuk menyoroti informasi penting dengan lebih baik dan mempermudah navigasi, serta fitur Kartu Pratinjau Tautan baru yang memungkinkan Anda berbagi tautan pratinjau kaya di email Anda.

Tapi tunggu, bukan itu saja karena Thunderbird 102 juga memperkenalkan produktivitas baru fitur yang disebut Spaces Toolbar di bawah View >Toolbars, yang menjanjikan untuk mempermudah dan lebih nyaman untuk berpindah di antara aktivitas yang berbeda, seperti email, kalender, tugas, obrolan, buku alamat, dan sebagainya.

Di atas semua barang ini, yang baru Rilis Thunderbird juga menambahkan dukungan untuk beberapa kamus ejaan aktif di jendela penulisan, lebih lanjut meningkatkan dukungan OpenPGP dan mengaktifkan Asisten Kunci secara default, memperbarui ikon tab, meningkatkan Addon Manager, yang ch tidak lagi menampilkan add-on yang tidak kompatibel di hasil pencarian dan fitur pintasan keyboard mundur/maju, menambahkan enkripsi Obrolan OTR ke komponen Obrolan, dan meningkatkan Mode Gelap dan dukungan tema.

Selain itu, bilah notifikasi sekarang akan ditampilkan di jendela penulisan untuk memberi tahu Anda bahwa enkripsi dimungkinkan tetapi tidak diaktifkan, sebuah pesan sekarang akan ditampilkan ketika tugas migrasi peningkatan terlalu lama untuk diselesaikan, OAuth2 sekarang didukung untuk akun obrolan Google Talk, pencetakan tanpa pratinjau sekarang dimungkinkan menggunakan dialog sistem, dan ada peningkatan kinerja yang signifikan saat memindahkan pesan antar folder IMAP.

Tentu saja, ada banyak perbaikan bug untuk membuat pengalaman Thunderbird Anda lebih baik, jadi lihat catatan rilis lengkap untuk detail selengkapnya. Sementara itu, Anda dapat mengunduh rilis Mozilla Thunderbird 102 sekarang juga dari server unduhan resmi jika Anda ingin menikmati semua fitur dan peningkatan baru.

Sumber: Google, 9to5linux.com