NetworkManager 1.34 Hadir dengan Dukungan WireGuard Lebih Baik, Banyak Peningkatan


NetworkManager, manajer koneksi jaringan populer yang digunakan oleh sebagian besar distribusi GNU/Linux modern saat ini, telah diperbarui hari ini ke versi 1,34, seri stabil terbaru yang menghadirkan fitur dan penyempurnaan baru.

Hampir tujuh bulan dalam pengembangan, NetworkManager 1,34 hadir untuk lebih meningkatkan dukungan untuk protokol terowongan VPN WireGuard dan implementasi dengan memperkenalkan dukungan untuk profil WireGuard ke antarmuka pengguna teks NetworkManager (nmtui), serta meningkatkan impor profil WireGuard dengan domain DNS dan keluarga alamat dinonaktifkan melalui antarmuka baris perintah (nmcli).

Selain itu , dimulai dengan rilis ini, pengimporan file konfigurasi wg-quick oleh WireGuard melalui antarmuka baris perintah NetworkManager (nmcli) tidak lagi menetapkan “prioritas dns” negatif dan eksklusif, yang seharusnya meningkatkan dukungan untuk pengaturan DNS split umum yang menggunakan systemd-resolved . Pengembang merekomendasikan pengguna untuk menyesuaikan “dns-priority” sesuai keinginan mereka setelah import.

NetworkManager 1.34 juga memperkenalkan dukungan untuk mengonfigurasi DNS melalui TLS (DoT) dengan systemd-resolved, meningkatkan penanganan kesalahan sd-resolved saat menyelesaikan nama host, mendukung penautan dengan LLD 13 (linker baru berperforma tinggi), menambahkan dukungan untuk pengaturan id antrian dari port bond, dan menambahkan perangkat nmcli up|down alisases.

Di antara perubahan penting lainnya, NetworkManager sekarang menunggu IPv4 dan IPv6 dengan “ip =dhcp,dhcp6”, tidak lagi mendengarkan event netlink untuk objek kontrol lalu lintas (qdiscs dan filter), mengirimkan permintaan router sebelum kedaluwarsa, mengirim konfigurasi IP ke manajer DNS sebelumnya, dan default untuk menunjukkan ‘default’ alih-alih alamat nol di route4 atau route6 saat menjalankan perintah nmcli tanpa argumen.

Terakhir, NetworkManager 1.34 menambahkan layanan nm-priv-helper internal yang akan digunakan untuk memisahkan hak istimewa, bersama dengan dukungan untuk dro kemampuan ping dari NetworkManager daemon.

NetworkManager 1.34 sekarang merupakan rilis stabil terbaru dari program sumber terbuka ini untuk mendeteksi dan mengonfigurasi antarmuka jaringan pada sistem operasi GNU/Linux. Anda dapat mengunduhnya langsung dari sini jika Anda ingin mengompilasinya sendiri, tetapi semua orang harus menunggu sampai ia masuk ke repositori distro mereka.

Sumber: Google, 9to5linux.com