Nitrux 1.6 Hadir sebagai Salah Satu Distro Pertama yang Dikirim dengan Kernel Linux 5.14, Pernak-Pernik KDE Terbaru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Uri Herrera hari ini mengumumkan rilis Nitrux 1.6 sebagai salah satu pembaruan terbesar untuk distribusi GNU/Linux berbasis Debian ini untuk massa.

Rilis bulanan Nitrux ISO berlanjut, dan rilis Nitrux 1.6 ada di sini sebagai pembaruan besar untuk distribusi yang membawa banyak teknologi GNU/Linux baru, aplikasi yang diperbarui, dan banyak peningkatan, menjadikan Nitrux salah satu distro terbaik untuk penggunaan di rumah dan kantor.

Pertama dan terpenting, Nitrux 1.6 adalah salah satu distribusi GNU/Linux pertama di luar sana yang mengirimkan siaran langsung ISO image didukung oleh seri kernel Linux 5.14 terbaru dan terbaik secara default. Tidak hanya itu, tetapi Nitrux sekarang mendukung kernel Linux 5.4 dan 5.10 LTS, serta kernel Linux-libre 5.10 dan 5.13.

Kernel Linux 5.14 disertai dengan beberapa barang KDE terbaru karena Nitrux 1.6 dikirimkan bersama KDE Plasma 5.22. 4 lingkungan desktop, serta rangkaian perangkat lunak KDE Gear 21.08 dan KDE Frameworks 5.85. Bagaimanapun, Nitrux adalah distro berorientasi KDE, jadi pengguna harus memiliki pengalaman desktop KDE Plasma terbaik. Buho, Klip, Komunikator, Indeks, Nota, Pix, Rak, Stasiun, dan VVave. MauiKit juga telah diperbarui, ke versi 2.0.1, dan Anda juga dapat menikmati rilis baru-baru ini LibreOffice 7.2 office suite.

Nitrux menjadi lebih baik dan lebih baik, itu pasti, dan sekarang pengguna dapat menikmati aplikasi baru bernama NX Software Center, yang merupakan manajer paket grafis untuk AppImages. Ini menampilkan tiga tampilan, Tampilan Toko untuk menelusuri semua aplikasi yang tersedia, Tampilan Aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang Anda unduh, dan Tampilan Kemajuan untuk melihat kemajuan pengunduhan aplikasi.

“NX Software Center, singkatnya NX SC, adalah tampilan depan grafis end untuk mengelola AppImages (dan hanya AppImages), dan dibuat menggunakan MauiKit 2.0.0,” kata pengembang Uri Herrera. “AppImages, serta data yang ditampilkan dalam aplikasi, diambil dari AppImageHub.com.”

Nitrux 1.6 juga menghadirkan gerakan touchpad secara default pada X11, Powerlevel10k sebagai tema ZSH default (dan terlihat sangat mengagumkan, seperti yang Anda lihat dari gambar atas), serta dua skrip KWin baru untuk memindahkan jendela yang dimaksimalkan ke desktop virtual baru dan menerapkan efek Blur pada jendela yang ditentukan pengguna.

Di antara perubahan lainnya, rilis ini menghapus palungan paket Plasma Discover dan audio digital LMMS workstation dari penginstalan default, meningkatkan keandalan rootfs, dan menambahkan skema warna Konsole klasik Nitrux ke jalur yang benar agar aplikasi yang menggunakan QMLTermWidget dapat menampilkannya sebagai opsi.

Para pengembang mengatakan bahwa rilis Nitrux mendatang akan menggunakan rootf mereka sendiri, bukan ( vanilla) Rootf Debian yang tidak stabil digunakan sampai sekarang. Dengan pemikiran itu, jika Anda ingin menggunakan Nitrux sebagai OS Linux utama Anda, Anda dapat mengunduh rilis Nitrux 1.6 sekarang juga dari situs resminya atau menggunakan tombol unduh di bawah ini.
Download Nitrux 1.6

Sumber: Google, 9to5linux.com