Nitrux 2.1.1 Menambahkan ISO Baru untuk Pengguna NVIDIA, Memudahkan Pengelolaan Paket Debian


Uri Herrera hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Nitrux 2.1.1 sebagai rilis poin minor pertama untuk seri Nitrux 2.1 terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian bebas sistem ini.

Didukung oleh kernel Linux 5.15.35 XanMod LTS, Nitrux 2.1.1 hadir dengan telur Paskah untuk pengguna GPU NVIDIA, yaitu image ISO terpisah yang menyertakan driver grafis NVIDIA terbaru secara default.

Driver grafis NVIDIA tidak menyertakan konfigurasi X11 kustom Nitrux, yang berarti bahwa beberapa perangkat keras mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan dan pada akhirnya pengguna harus menambahkan konfigurasi X11 Nitrux secara manual agar NVIDIA PRIME berfungsi dengan benar. Detail lebih lanjut tersedia di sini.

Pengembang Nitrux juga menyebutkan fakta bahwa image ISO untuk GPU NVIDIA ini tidak didukung secara resmi karena mereka ingin menjaga Nitrux bebas dari perangkat lunak berpemilik.

Fitur baru lainnya dari rilis Nitrux 2.1.1 adalah dukungan untuk PackageKit package management system sebagai upaya untuk mempermudah pengelolaan paket Debian dalam pendistribusiannya. Pengembang berencana untuk mengganti manajer paket APT dan DPKG tradisional dengan PackageKit di rilis Nitrux mendatang.
“Penambahan PackageKit adalah bagian dari transisi jangka panjang untuk menggunakannya daripada menggunakan cara tradisional di Debian, yaitu menggunakan APT dan dpkg. Termasuk penggunaan Service Packs (sebagaimana didefinisikan oleh pkgenpack) dan fungsionalitas yang disediakan XFS,” kata Uri Herrera. “Ini berarti bahwa ketika membuka jendela terminal dan mencoba menjalankan APT atau dpkg, sebuah pesan akan mengarahkan pengguna untuk menggunakan pkcon sebagai gantinya.”
Selain itu, Nitrux 2.1.1 dikirimkan dengan barang KDE terbaru dan terbaik, seperti KDE Plasma 5.24.4 lingkungan desktop, KDE Gear 22.04 dan KDE Frameworks 5.93 perangkat lunak suite, serta berbagai aplikasi pihak ketiga yang diperbarui seperti browser web Mozilla Firefox 99.

ISO minimal telah diperbarui juga dan sekarang menambahkan XTERM saat startup di Desktop JWM untuk memudahkan pengguna meluncurkan installer. Beberapa bug yang ada di rilis sebelumnya juga telah diperbaiki, jadi lihat halaman pengumuman rilis untuk detail lebih lanjut.

Anda dapat mengunduh Nitrux 2.1.1 sekarang dari situs web resmi jika Anda ingin memberikan distribusi bebas sistem ini coba di komputer pribadi Anda. Namun, jika Anda sudah menjalankan Nitrux 2.1 atau rilis sebelumnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memperbarui instalasi Anda untuk menerima perubahan yang diterapkan di versi 2.1.1.
Download Nitrux 2.1.1Download Nitrux 2.1.1 (NVIDIA)

Sumber: Google, 9to5linux.com