Nitrux 3.2 Dirilis dengan Aesthetic FHS, Kernel Linux 6.6 LTS, dan Penginstal yang Diperbarui

Pengembang
Nitrux Uri Herrera hari ini mengumumkan peluncuran dan ketersediaan umum Nitrux 3.2 sebagai snapshot ISO stabil terbaru untuk distribusi GNU/Linux yang bebas sistem, tidak dapat diubah, berbasis Debian, dan berfokus pada KDE.

Didukung oleh Linux 6.6 LTS terbaru dan terhebat kernel dalam rasa Liquorix biasa untuk respons tanpa kompromi, Nitrux 3.2 hadir untuk memperkenalkan fitur baru yang disebut Aesthetic FHS, yang merupakan standar hierarki sistem file baru dalam upaya membuat direktori Linux FHS (Filesystem Hierarchy Standard) di direktori root lebih banyak dapat dibaca manusia. Rilis mendatang akan menggantikan Linux FHS seluruhnya dengan Aesthetic FHS. Mengingat tantangan dalam menciptakan struktur direktori yang diusulkan, implementasi awal ini hanya berfokus pada pengorganisasian direktori Linux FHS yang ada dan isinya, sehingga hanya pada bagian estetika dari proposal awal. , itulah namanya,” jelas Uri Herrera. Untuk membuat Nitrux bekerja lebih baik dengan sistem yang lebih modern, rilis ini juga memperkenalkan biner bootloader bertanda tangan untuk memberikan kompatibilitas Boot Aman kepada pengguna saat mem-boot image ISO. Namun, meskipun kompatibilitasnya ada, ia tidak akan bekerja dengan kernel rasa Liquorix default Nitrux, sehingga pengguna harus menginstal kernel lain yang kompatibel dengan Boot Aman dalam sebuah wadah, seperti kernel resmi Debian.

Karena ini adalah snapshot ISO baru yang ditujukan untuk hanya untuk tujuan instalasi, Nitrux 3.2 memperbarui penginstal Calamares dengan pemeriksaan kualitas kata sandi pengguna baru yang lebih ketat dengan menggunakan pustaka libpwquality, dukungan untuk menggunakan LUKS1 sebagai cadangan saat mengenkripsi partisi jika LUKS2 gagal, serta mitigasi untuk CVE-2019-13179 kerentanan dalam enkripsi LUKS.

Nitrux 3.2 memperbarui berbagai komponen untuk membuat distribusi lebih kompatibel dengan perangkat keras terbaru, seperti paket linux-firmware dan intel-microcode. Ini juga mencakup server audio/video PipeWire 1.0 yang baru dirilis dan manajer sesi dan kebijakan WirePlumber 0.4.16, browser web Mozilla Firefox 120, driver grafis NVIDIA 545.29.06, dan daemon tambahan untuk menjalankan Nitrux di Hyper-V.

Tentu saja , beberapa perangkat lunak KDE terbaru juga disertakan dalam rilis ini, yaitu lingkungan desktop KDE Plasma 5.27.9 LTS dan rangkaian perangkat lunak KDE Gear 23.08.3. Sayangnya, rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks dipertahankan pada versi 5.111 dalam rilis ini karena neon KDE upstream belum memasukkannya ke dalam edisi Pengguna.

Beberapa bug dan masalah yang dilaporkan oleh pengguna telah diperbaiki, jadi lihat pengumuman rilis untuk lebih jelasnya. Sedangkan jika Anda ingin mencoba Nitrux, Anda bisa mendownload Nitrux 3.2 sekarang juga dari situs resminya atau menggunakan link download langsung di bawah. Pengguna Nitrux yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka menggunakan utilitas Nitrux Updater.
Unduh Nitrux 3.2.0

Sumber: Google, 9to5linux.com