NVIDIA Akhirnya Merilis Modul Kernel GPU Open-Source Linux


NVIDIA hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mulai menerbitkan modul kernel GPU mereka untuk sistem Linux sebagai open-source di GitHub sebagai yang pertama untuk menyediakan komunitas dengan driver grafis NVIDIA terbuka.

Modul kernel GPU Linux open-source memiliki lisensi GPL/MIT ganda dan mereka akan tersedia mulai dengan seri NVIDIA 515.x.x yang akan datang dari driver grafis eksklusif mereka, yang memasuki pengujian beta publik hari ini dengan penginstal yang diperbarui, ambang batas pemanfaatan memori video RTD3 yang diperbarui, dukungan Vulkan yang ditingkatkan, Pengaturan Server NVIDIA X yang diperbarui, dan lainnya perubahan.

Seperti yang dapat Anda harapkan, NVIDIA open-source modul kernel GPU Linux mereka akan membuka pintu bagi kontribusi baru dari komunitas Linux untuk membuat driver grafis NVIDIA dapat digunakan pada lebih banyak sistem dan untuk menyediakan pengguna dengan out-of-the-box pengalaman pengguna, dengan Canonical, Red Hat, dan SUSE sebagai perusahaan Open Source pertama yang mengemas modul kernel GPU open-source baru untuk Ubuntu mereka, Red Hat Enterprise Linux, dan SUSE Linux Enterprise distributions.
“Rilis ini merupakan langkah signifikan menuju peningkatan pengalaman menggunakan GPU NVIDIA di Linux, untuk integrasi yang lebih erat dengan OS dan bagi pengembang untuk men-debug, mengintegrasikan, dan berkontribusi kembali,” kata NVIDIA.
Dengan setiap rilis baru driver grafis mereka, NVIDIA akan memublikasikan cuplikan kode sumber di GitHub untuk memungkinkan mereka yang ingin memberikan kontribusi guna membantu meningkatkan kualitas dan keamanan driver grafis NVIDIA untuk sistem Linux.

Driver grafis NVIDIA 515 yang akan datang keluarga akan menjadi rilis pertama yang juga dikirimkan dengan kode sumber. Namun, NVIDIA mencatat fakta bahwa kualitas alpha akan disediakan dalam rilis open-source ini untuk NVIDIA GeForce dan GPU Workstation. Pengguna akan dapat menggunakan driver pada arsitektur NVIDIA Turing dan GPU NVIDIA Ampere untuk menjalankan desktop Linux.

Fitur seperti dukungan untuk beberapa tampilan, G-SYNC, NVIDIA OptiX, dan penelusuran sinar NVIDIA RTX di Vulkan akan tersedia dalam sumber terbuka pengemudi. NVIDIA juga mengatakan bahwa lebih banyak fitur akan ditambahkan di versi mendatang dari driver open-source untuk membuatnya setara dengan driver grafis berpemilik, yang akan digantikan oleh versi open-source dalam waktu dekat.

Juga, pada awalnya, selama instalasi, pengguna akan dapat memilih antara driver sumber tertutup dan modul kernel sumber terbuka, tetapi penting untuk dicatat di sini bahwa driver mode kernel sumber terbuka akan bekerja dengan baik dengan firmware yang sama dan mode pengguna yang sama. tumpukan seperti CUDA, OpenGL, dan Vulkan.

Kredit gambar: NVIDIA (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com