NVIDIA Mendapat Akselerasi Perangkat Keras AV1 VDPAU Dalam FFmpeg

  • Post author:
  • Post category:Linux

NVIDIA telah memberikan kontribusi dukungan ke perpustakaan multimedia FFmpeg untuk dapat memanfaatkan decoding video berakselerasi GPU AV1 melalui VDPAU API saat menggunakan GPU NVIDIA RTX 30 “Ampere” generasi terbaru.
NVIDIA telah mendapatkan dukungan untuk decode akselerasi perangkat keras AV1 VDPAU ke proyek FFmpeg upstream. Penguraian kode video AV1 ini bekerja bersama dengan libvdpau 1.5+ dan menggunakan Ampere atau GPU yang lebih baru yang memiliki kemampuan perangkat keras yang diperlukan.

Sejak FFmpeg 4.4 telah ada dekode AV1 pada GPU NVIDIA melalui antarmuka “NVIDIA Decode” NVDEC yang merupakan bagian dari Video Codec SDK mereka. FFmpeg juga mendukung dekode yang dipercepat Intel QSV, dekode Windows DXVA2/D3D11VA AV1, dan decoding berbasis CPU melalui proyek DAV1D. Encode AV1 juga didukung dengan FFmpeg melalui Intel SVT-AV1. Sekarang dengan FFmpeg Git, dekode AV1 VDPAU tersedia bagi mereka yang lebih memilih VDPAU daripada NVDEC yang lebih baru. Di luar ruang NVIDIA, paparan AV1 VDPAU ini dapat membantu driver Mesa Gallium3D yang mendukung pelacak status akselerasi video VDPAU karena semakin banyak GPU yang mulai memiliki blok perangkat keras dekode AV1.
Dukungan AV1 VDPAU digabungkan pada hari Sabtu ke FFmpeg melalui komit ini.

Itulah berita seputar NVIDIA Mendapat Akselerasi Perangkat Keras AV1 VDPAU Dalam FFmpeg, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.