Open-Source NVIDIA Vulkan “NVK” Driver Terus Maju

  • Post author:
  • Post category:Linux

Seperti yang ditulis tentang selama beberapa bulan di Phoronix, driver NVIDIA Vulkan open-source telah bekerja sehingga pada akhir musim panas driver “NVK” ini telah melihat banyak aktivitas oleh Jason Ekstrand dari Collabora bersama dengan David Airlie dan Karol Herbst dari Red Hat. Jason hari ini berbicara di XDC 2022 tentang upaya driver NVK ini.
Presentasi Jason adalah tentang penulisan driver Vulkan baru pada tahun 2022 dan karyanya tentang NVK dengan harapan dapat menjadi referensi driver Vulkan modern di Mesa. NVK terus memanfaatkan file header resmi NVIDIA open-source yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan itu, driver hanya berfungsi untuk GPU Turing dan yang lebih baru saat ini sementara dukungan dapat diperpanjang untuk GPU yang lebih lama. Masih menimbulkan kesulitan yang signifikan adalah di sisi driver kernel dengan kemungkinan perlu merombak total (atau menulis ulang) driver kernel Nouveau DRM/KMS untuk mendukung driver NVK ini atau perlu merawat driver kernel NVIDIA yang terbuka ke dalam bentuk (atau menulis ulang itu) untuk dapatkan ke dalam bentuk ramah hulu. Driver NVK juga belum di-upstream ke Mesa sendiri tetapi terus dikerjakan di luar pohon.

Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang driver NVIDIA Vulkan open-source NVK saat ini yang sedang dalam proses dapat melihat slide Jason (PDF) dari ceramah XDC 2022-nya serta di blog Collabora.

Itulah berita seputar Open-Source NVIDIA Vulkan “NVK” Driver Terus Maju, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.