OpenGL Merayakan Ulang Tahunnya yang ke-30

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pada hari ini di tahun 1992 Silicon Graphics (SGI) merilis OpenGL ke dunia.
Sementara Vulkan telah mengambil banyak sorotan dalam beberapa tahun terakhir, OpenGL benar-benar memulai segalanya untuk standar API grafis industri lintas-vendor. OpenGL tetap digunakan secara luas saat ini dan terus melihat ekstensi baru, pengoptimalan untuk driver OpenGL yang ada, dan tidak ada kekurangan perangkat lunak di luar sana yang masih mengandalkan OpenGL. Khususnya di segmen workstation, OpenGL kemungkinan masih akan digunakan di tahun-tahun mendatang. Dengan upaya seperti ANGLE dan Zink, dukungan akselerasi OpenGL akan tetap ada tanpa batas waktu dalam menjalankan OpenGL di atas API grafis lainnya.
Grafik dari The Khronos Group untuk menandai 30 tahun OpenGL.

OpenGL telah berkembang pesat selama 30 tahun terakhir dengan sekarang mendukung shader SPIR-V, eksekusi driver yang lebih efisien, shader komputasi, berbagai bentuk kompresi tekstur, dan banyak lagi dari lebih banyak lagi. OpenGL memiliki kerutan tetapi masih terlihat sangat bagus pada usia 30 tahun di ruang perangkat lunak.
Selamat ulang tahun peluncuran OpenGL 1.0 yang sukses! 30 tahun yang lalu, SGI menciptakan OpenGL ARB dan merilis spesifikasi OpenGL 1.0 yang mengarah pada revolusi dalam grafis. pic.twitter.com/NqYNzFS9iY

— OpenGL (@opengl) 30 Juni 2022

Itulah berita seputar OpenGL Merayakan Ulang Tahunnya yang ke-30, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.