OpenSSH 9.0 Dirilis Dengan Pengerasan Terhadap Komputer Quantum Masa Depan

OpenSSH 9.0 tersedia hari ini sebagai versi terbaru dari implementasi SSH open-source yang banyak digunakan ini. Dengan OpenSSH 9.0 hadir fitur baru serta perubahan seperti scp menggunakan protokol SFTP secara default.
OpenSSH 9.0 adalah rilis besar dan disertai dengan beberapa perubahan penting.
Pertama, OpenSSH 9.0 mengalihkan scp dari menggunakan protokol SCP/RCP lama menjadi sekarang menggunakan protokol SFTP secara internal secara default. Ini adalah perubahan yang telah dilakukan OpenSSH dengan dasar yang diletakkan pada rilis sebelumnya untuk utilitas scp untuk menggunakan SFTP secara internal.
Perubahan penting lainnya adalah OpenSSH 9.0 SSH/SSHD menggunakan metode pertukaran kunci Streamlined NTRU Prime + x25519 hybrid secara default untuk menahan serangan oleh komputer kuantum di masa mendatang. Pengembang OpenSSH membuat perubahan ini sekarang untuk meningkatkan keamanan guna menangkis serangan “tangkap sekarang, dekripsi nanti” begitu komputer kuantum tersedia yang memiliki kemampuan untuk mendekripsi ciphertext SSH yang ditangkap.
OpenSSH meningkatkan keamanan sekarang di depan komputer kuantum yang lebih maju di masa depan.

Juga perubahan yang cukup berguna dengan OpenSSH 9.0 adalah bahwa implementasi sftp-server menambahkan dukungan untuk ekstensi copy-data untuk mendukung penyalinan file/data sisi server. Utilitas sftp juga menambahkan perintah “cp” untuk memungkinkan klien SFTP untuk memutarbalikkan salinan file sisi server.
OpenSSH 9.0 dilengkapi dengan sejumlah peningkatan portabilitas, berbagai perbaikan bug, dan peningkatan lainnya.
Unduh dan detail lebih lanjut tentang OpenSSH 9.0 melalui OpenSSH.com.

Itulah berita seputar OpenSSH 9.0 Dirilis Dengan Pengerasan Terhadap Komputer Quantum Masa Depan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.