openSUSE Tumbleweeds GCC 12 Upgrade Membantu Kinerja Di Beberapa Area

Minggu lalu openSUSE Tumbleweed rilis bergulir beralih ke GCC 12 baru sebagai kompiler sistem default dan membangun kembali paketnya yang ditetapkan di bawah peningkatan fitur tahunan ini ke Koleksi Kompilator GNU. Bagi mereka yang penasaran, berikut adalah beberapa benchmark sebelum dan sesudah transisi GCC 12 untuk openSUSE Tumbleweed.

Snapshot openSUSE Tumbleweed 20220510 minggu lalu dialihkan ke kompiler GCC 12 dengan pembangunan kembali paket OS secara lengkap. GCC 12 menghadirkan banyak fitur baru dari dukungan bahasa C / C++ / Ada yang ditingkatkan ke fitur pada CPU baru/yang akan datang seperti AVX-512 FP16, peningkatan OpenMP dan OpenACC, peningkatan JIT, peningkatan debug yang berguna, dan banyak lagi. Ada juga berbagai pengoptimalan kinerja dari perubahan kecil hingga item yang lebih penting seperti vektorisasi yang sekarang diaktifkan pada tingkat pengoptimalan “-O2” dengan model biaya yang sangat murah.

Penasaran tentang implikasi kinerja OS untuk GCC 12 dan untungnya memiliki openSUSE Instalasi Tumbleweed 20250507 sesaat sebelum transisi, saya menjalankan beberapa benchmark sebelum/sesudah untuk melihat dampak kompiler baru di berbagai benchmark open-source yang dibangun dari sumber serta kinerja dari semua paket sistem operasi yang dibangun kembali di bawah kompiler baru ini .

Pengujian ini dilakukan pada server “Ice Lake” Intel Xeon Platinum 8380 2P. Tidak ada perubahan lain yang dilakukan pada sistem selama pengujian selain peningkatan dari status openSUSE Tumbleweed 20220507 ke 20220510 dan membangun kembali tolok ukur yang relevan antara pengujian.

Dari lebih dari 100 pengujian yang dilakukan, openSUSE Tumbleweed berbasis GCC12 mengalami peningkatan sekitar 1,6% secara keseluruhan daripada status openSUSE Tumbleweed beberapa hari sebelumnya…

Tampilan berdampingan ini adalah tampilan tolok ukur di mana terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam kedua cara tersebut. Seperti yang ditunjukkan oleh ini, di sejumlah area tertentu ada peningkatan yang sangat sehat untuk ditemukan dengan openSUSE Tumbleweed di GCC 12. Python Tumbleweed yang dibangun kembali di bawah GCC 12 khususnya tampaknya menjadi kemenangan besar (mungkin karena vektorisasi -O2 default , mungkin). Selain peningkatan kinerja Python yang sangat kuat, perpustakaan pemrosesan sinyal radio digital yang ditentukan perangkat lunak Liquid-DSP berkinerja jauh lebih baik dibangun di bawah GCC 12, Microsoft`s ONNX Runtime yang dibangun di bawah GCC 12 mengalami peningkatan dengan beberapa model, dan beberapa benchmark Java dengan OpenJDK sedang dibangun kembali di bawah GCC 12 bermanfaat.

Hanya ada beberapa regresi yang terlihat memengaruhi Stress-NG, pengkodean gambar AVIF, dan beberapa area tertentu lainnya dengan jumlah yang sebagian besar kecil.

Kinerja Python paling signifikan dengan hampir 9% kinerja yang lebih baik secara keseluruhan ketika Tumbleweed`s Python 3 dibangun kembali di bawah GCC 12 daripada GCC 11. Ini mencakup benchmark Python seperti Numpy, PyBench, dan PyPerformance.

Untuk banyak benchmark HPC berat seperti Incompact3D Xcompact3D, LAMMPS, dan GROMACS menghasilkan sekitar 2% lebih baik kinerja keseluruhan.

Mereka yang ingin menjalani 100+ tes secara penuh antara revisi openSUSE Tumbleweed ini beralih dari GCC 11 ke GCC 12, se e halaman hasil OpenBenchmarking.org ini. Dari pengujian saya terhadap GCC 12 di Tumbleweed, Fedora 36, ​​Clear Linux, dan dibangun di atas platform lain, rilis besar tahunan GNU Compiler Collection ini berkinerja cukup solid dan baik. Ada peningkatan kinerja di beberapa area tetapi juga diagnostik yang ditingkatkan, peningkatan C2X dan C++23, dan peningkatan lainnya menjadikan ini pembaruan kompiler yang berarti.

Itulah berita seputar openSUSE Tumbleweeds GCC 12 Upgrade Membantu Kinerja Di Beberapa Area, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.