Oracle Linux 9 Mencapai GA Dengan Unbreakable Enterprise Kernel R7

  • Post author:
  • Post category:Linux

Oracle Linux 9 sebagai cabang Oracle dari Red Hat Enterprise Linux 9 sekarang tersedia dalam bentuk ketersediaan umum (GA). Selain didasarkan pada RHEL9, Oracle Linux 9 menawarkan “Unbreakable Enterprise Kernel” terbaru mereka untuk fitur kernel tambahan sambil juga terus menghasilkan rasa Kernel yang Kompatibel dengan Red Hat juga.
Oracle Linux 9.0 GA tersedia bagi mereka yang mencari alternatif RHEL9. Ini mengikuti pratinjau pengembang mereka dari bulan lalu dan AlmaLinux 9.0 yang memulai debutnya pada akhir Mei. RHEL 9 memanfaatkan GCC 11 sebagai kompiler sistem default, berisi berbagai peningkatan cloud dan virtualisasi, kompresi RPM Zstd untuk paket, peningkatan kripto, dan banyak lagi.
Red Hat Enterprise Linux 9 menggunakan kernel berbasis Linux 5.14 sementara Oracle Linux 9.0 dengan Unbreakable Enterprise Kernel Release 7 menggunakan kernel berbasis Linux 5.15 dengan Linux 5.15 menjadi seri LTS upstream saat ini. UEK R7 menawarkan berbagai peningkatan keamanan, dukungan Folder Bersama VirtualBox ditangani secara asli dengan kernel UEK, dukungan Btrfs yang lebih baik, dan tambahan lain untuk kernel yang lebih baru.
Adapun mengapa Oracle Linux 9 harus digunakan, Oracle bahkan menerbitkan “mengapa beralih?” bagian sebagai bagian dari pengumuman Oracle Linux 9.0 GA mereka. Mereka membicarakan Oracle Linux sebagai gratis untuk digunakan dan mudah diunduh, 100% kompatibilitas ABI dengan RHEL, ISV, dan IHV yang bekerja sama dengan Oracle, mengikuti rilis RHEL secara konsisten, tidak diperlukan login atau otentikasi untuk mengakses server yum Oracle Linux, dan Langganan dukungan Oracle yang tersedia secara opsional.
Detail lebih lanjut tentang rilis Oracle Linux 9.0 GA melalui Oracle Blog.

Itulah berita seputar Oracle Linux 9 Mencapai GA Dengan Unbreakable Enterprise Kernel R7, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.