Patch AMD P-State Diperbarui Tetapi Kehilangan Jendela Penggabungan Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

AMD hari ini mengirimkan patch yang direvisi untuk meningkatkan driver Linux penskalaan frekuensi CPU AMD P-State yang bertujuan untuk memberikan efisiensi daya yang lebih baik daripada driver ACPI CPUFreq generik yang telah lama diandalkan untuk prosesor AMD.
Driver AMD P-State terus mengalami peningkatan setelah kode awal yang digariskan kembali di Linux 5.17 menjadi masalah bagi beberapa orang, di beberapa beban kerja yang mengarah ke kinerja yang jauh lebih rendah daripada acpi-cpufreq, dll. AMD P-State adalah untuk Zen 2 dan yang lebih baru CPU karena ketergantungannya pada dukungan CPPC ACPI.
Baru-baru ini AMD telah mengerjakan kontrol peningkatan presisi dan perbaikan lainnya untuk AMD P-State dan itu adalah patch yang direvisi hari ini. Tambalan untuk kontrol dan perbaikan perangkat keras peningkatan presisi itu dikirim hari ini dalam revisi kelima mereka.
Patchset ini menambahkan dukungan untuk kontrol perangkat keras yang meningkatkan presisi untuk prosesor AMD.
Sementara itu, patchset memperbaiki kueri kinerja terendah dan masalah cakupan kinerja yang diinginkan. Perbarui penundaan transisi dan nilai default latensi untuk memenuhi persyaratan firmware SMU. dan melakukan beberapa pembersihan kode, Ini juga mengekspor rilis cpufreq cpu dan memperoleh driver mode epp amd-pstate yang akan datang
Seri tambalan diuji pada sistem seluler AMD dan server EYPC. Tambalan v5 sekarang tersedia untuk pengujian. Namun, mengingat waktunya, materi ini sekarang telah terlewatkan di jendela penggabungan Linux 6.0. Jadi setidaknya fungsi fitur tidak akan digabungkan sampai setidaknya Linux 6.1 sementara kita akan melihat apakah perbaikan dikirim lebih cepat. Tetapi mengingat bahwa bagian perbaikan dari pekerjaan tersebut telah berada di milis selama berminggu-minggu, tampaknya AMD tidak terburu-buru untuk mengirimkannya lebih awal.
Secara terpisah, yang dikirim hari ini adalah perbaikan AMD P-State yang berbeda. Ada perbaikan untuk membaca status nilai kinerja tertinggi dengan driver amd_pstate. Karena “prosesor AMD baru” (mungkin Zen 4), status kinerja tertinggi yang salah dapat dibaca oleh driver ini. Patch memperbaikinya untuk menghindari perhitungan yang salah pada CPU AMD yang akan datang ini. Mudah-mudahan patch tersebut akan segera diambil dan di-back-porting untuk memastikan CPU Zen 4 dapat bekerja dengan baik pada driver kernel amd_pstate.

Itulah berita seputar Patch AMD P-State Diperbarui Tetapi Kehilangan Jendela Penggabungan Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.