Patch Baru Memungkinkan Lebih Mudah Mengelola Driver AMD P-State Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sejak diperkenalkannya driver AMD P-State ke kernel arus utama, para antusias dan gamer telah bereksperimen dengan driver amd_pstate dan beberapa distribusi seperti Ubuntu telah menggunakan driver ini sebagai pengganti CPUFreq ACPI secara default untuk Zen 2 dan prosesor yang lebih baru. Tambalan yang diposting minggu ini oleh AMD memudahkan untuk beralih antara driver AMD P-State dan ACPI CPUFreq.
AMD sebelumnya mengerjakan beberapa tambalan untuk meningkatkan penanganan bagi mereka yang ingin menggunakan amd_pstate. Tetapi bagi mereka yang memiliki ACPI CPUFreq bawaan seperti yang biasa terjadi, Anda perlu khawatir tentang memblokir panggilan init untuk kode ACPI CPUFreq atau membangun kembali kernel tanpa bawaannya. Pengalamannya tidak seanggun menggunakan Intel P-State. Tapi sekarang ada tambalan yang membuatnya lebih sepele.
Satu set lima tambalan yang dikirim pada hari Kamis sekarang menjadikan driver AMD P-State sebagai tipe bawaan untuk menyelesaikan masalah urutan pemuatan driver. Ada juga parameter kernel baru untuk mengontrol perilaku.
Selain membuat driver AMD P-State built-in, opsi amd_pstate=disabled diperkenalkan sebagai opsi boot kernel bagi mereka yang tidak ingin memuat driver AMD P-State. Opsi amd_pstate=passive juga diperkenalkan untuk memuat driver AMD P-State dalam mode pasif.

AMD belum ingin membuat driver AMD P-State diaktifkan secara default namun di kernel upstream karena mereka mengakui beberapa masalah kinerja dibandingkan dengan ACPI CPUFreq. Saya telah mencatat beberapa dari regresi tersebut sebelumnya sementara harapannya adalah kode AMD P-State EPP yang baru akan menghilangkan regresi tersebut. Setelah AMD P-State EPP di-upstream, mereka berharap manajemen penskalaan frekuensi CPU akan berada dalam kondisi yang baik untuk default. Seri tambalan mencatat:
Tetapkan driver `amd_pstate` dinonaktifkan secara default karena penurunan kinerja pada sejumlah ASIC AMD dalam driver mode pasif, terutama prosesor dukungan memori bersama.
Dukungan EPP untuk driver amd_pstate sedang ditinjau. Dengan dukungan EPP, masalah kinerja tersebut teratasi. Setelah mendapatkan upstream, driver amd_pstate_epp mode `aktif` dapat diaktifkan secara default. Tambalan AMD P-State baru ini untuk menjadikannya bawaan dan opsi baru diharapkan akan diambil untuk siklus kernel v6.2. Namun, dengan kode driver AMD P-State EPP yang masih dalam peninjauan, tidak jelas apakah itu akan siap untuk versi 6.2 jadi mungkin menunggu hingga rilis kernel selanjutnya pada tahun 2023.

Itulah berita seputar Patch Baru Memungkinkan Lebih Mudah Mengelola Driver AMD P-State Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.