Patch Frontend Bahasa Modula-2 Siap Digabungkan Ke GCC 13

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain hari ini front-end GCC Rust dinyatakan siap untuk digabungkan dengan seri patch terbaru yang dikirim hari ini, front-end Modula-2 mengirimkan revisi ketiganya yang juga diharapkan sekarang akan digabungkan sebagai bahasa pemrograman baru lainnya ujung depan untuk GCC 13.
Sementara sebagian besar pembaca Phoronix mungkin akrab dengan bahasa pemrograman Rust, jauh lebih sedikit dari Anda yang akrab dengan Modula-2. Modula-2 adalah salah satu bahasa yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada 1980-an sebagai bahasa pemrograman prosedural yang menggantikan pekerjaannya sebelumnya di Modula dan terutama Pascal. Modula-2 digantikan oleh Modula-3 dan Oberon tetapi hampir empat puluh tahun kemudian Koleksi Penyusun GNU menambahkan front-end Modula-2.
Modula-2 digunakan oleh workstation Lilith, satelit navigasi GLONASS Rusia, dan berbagai sistem tertanam yang sudah tua. Selama beberapa tahun, pengembang Modula-2 yang bersemangat telah mencoba menggabungkan front-end bahasa Modula-2 mereka ke dalam GCC.
Contoh kode modula-2.

Bulan lalu patch front-end Modula-2 GCC dikirim untuk ditinjau sebagai penulisan ulang kode sebelumnya. GNU Modula-2 mengimplementasikan dialek PIM2, PIM3, PIM4 dan ISO dari Modula-2 dan kode kompiler telah diuji pada x86_64 dan AArch64.
Bulan lalu tambalan front-end Modula-2 dinyatakan oke untuk digabungkan oleh Richard Biener tetapi seri tambalan terakhir harus dikirim.
Hari ini seri tambalan v3 dari front-end Modula-2 dikirim dengan sisa pekerjaan merapikan kode dan dokumentasi. Dengan itu sepertinya kode front-end Modula-2 akan segera digabungkan ke jalur utama untuk rilis kompiler stabil GCC 13 tahun depan.
Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bahasa pemrograman Modula-2 dapat melakukannya di Modula2.org.

Itulah berita seputar Patch Frontend Bahasa Modula-2 Siap Digabungkan Ke GCC 13, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.