Patch KMSAN Untuk Kernel Linux Diperbarui Untuk Menangkap Masalah Memori yang Tidak Diinisialisasi

Salah satu seri patch Linux yang telah bekerja selama bertahun-tahun sehubungan dengan perubahan sisi compiler Clang dan telah bertanggung jawab untuk mengekspos ratusan bug kernel adalah KernelMemorySanitizer (KMSAN). Dikirim hari ini adalah seri patch terbaru yang bekerja pada infrastruktur kernel untuk menangkap masalah memori yang tidak diinisialisasi.
KernelMemorySanitizer adalah untuk menemukan kesalahan seputar penggunaan memori yang tidak diinisialisasi dan bergantung pada instrumentasi LLVM/Dentang waktu kompilasi. Kode Dentang KMSAN berasal dari tahun 2018 dan selama beberapa tahun terakhir telah menjadi beberapa seri tambalan untuk infrastruktur kernel KMSAN.
Alexander Potapenko dari Google hari ini mengirimkan seri patch terbaru untuk infrastruktur kernel tersebut. Meski belum menjadi mainstream, KMSAN telah mampu mengungkap ratusan kernel issue yang sah. Potapenko mencatat, “KMSAN telah melaporkan lebih dari 300 bug dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar dengan bantuan syzkaller. Bug tersebut terus dimasukkan ke dalam kernel meskipun ada peringatan kompiler baru dan analisis lainnya (siklus 5.16 telah menghasilkan beberapa KMSAN -reported bugs). Mitigasi seperti total stack dan inisialisasi heap sayangnya sangat jauh dari dapat diterapkan. Patchset yang diusulkan berisi implementasi runtime KMSAN bersama dengan perubahan kecil pada subsistem lain yang diperlukan untuk membuat KMSAN berfungsi.”
Bug yang baru-baru ini ditemukan oleh KMSAN dapat ditemukan di syzbot bagi mereka yang tertarik.
Infrastruktur kernel saat ini terdiri dari lebih dari empat ribu baris kode baru. Mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan KMSAN terbaru dapat melakukannya melalui milis kernel.

Ada juga presentasi (PDF) 2020 ini oleh Alexander Potapenko di KernelMemorySanitizer.

Itulah berita seputar Patch KMSAN Untuk Kernel Linux Diperbarui Untuk Menangkap Masalah Memori yang Tidak Diinisialisasi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.