Patch LongArch Diperbarui Untuk Kesepuluh Kalinya Untuk Kernel Linux

Dengan iterasi kesepuluh dari tambalan arsitektur CPU LoongArch yang diterbitkan pada hari Sabtu, sepertinya pekerjaan sedang diselesaikan dan arsitektur yang terinspirasi dari RISC-V yang diturunkan dari Cina ini akan segera menjadi arus utama.
Baru dua minggu yang lalu adalah patch kernel LoongArch v9 Linux sementara keluar hari ini adalah putaran kesepuluh untuk mengatasi umpan balik dan item lain yang tersisa untuk memunculkan kode ini. Selain port arch kernel yang matang untuk LoongArch, prasyarat lain yang membuka LoongArch untuk digabungkan ke jalur utama adalah GCC 12 yang memiliki dukungan compiler LoongArch. Memiliki dukungan kompiler arus utama untuk arsitektur CPU yang diberikan adalah langkah yang jelas dan perlu sebelum dukungan kernel dapat digunakan untuk arsitektur prosesor baru.
Dengan tambalan v10, tambalan LoongArch telah didasarkan ulang terhadap keadaan Git Linux 5.18 terbaru, beralih menggunakan kode rintisan EFI generik, juga beralih ke penggunaan pustaka string generik dan implementasi spinlock tiket, menghapus tambalan Zboot, dan memiliki perbaikan dan peningkatan kecil lainnya bersama dengan dokumentasi yang diperbarui.
Loongson 3A5000 adalah prosesor LoongArch pertama tetapi tidak terlalu bersaing dengan CPU barat saat ini.

Dukungan LoongArch ini dikembangkan oleh vendor Cina Loongson sendiri. Dalam bentuknya saat ini, arsitektur CPU yang dibawa adalah 23.9k baris kode baru sementara itu juga menggunakan kembali beberapa jalur kode MIPS64 yang ada juga.
Kita akan melihat apakah LoongArch siap untuk mainlining pada siklus kernel v5.19 atau apakah itu akan dipanggang lebih lama atau ada keberatan lebih lanjut yang diajukan oleh pengembang upstream.

Itulah berita seputar Patch LongArch Diperbarui Untuk Kesepuluh Kalinya Untuk Kernel Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.