Patch LoongArch Diposting Lagi Untuk Mencoba Mendapatkan CPU Berasal dari MIPS Cina Ini Di Linux

Insinyur Loongson terus berupaya untuk meningkatkan dukungan arsitektur CPU LoongArch mereka di kernel Linux.
LoongArch sebagai pengingat adalah arsitektur CPU baru yang berasal dari MIPS64 dan merupakan upaya China untuk memiliki arsitektur CPU domestik yang mampu untuk platform desktop dan server. Loongson menggambarkannya sebagai “LoongArch adalah RISC ISA baru, yang sedikit mirip dengan MIPS atau RISC-V. LoongArch menyertakan versi 32-bit yang dikurangi (LA32R), versi standar 32-bit (LA32S) dan versi 64-bit (LA64).”
Patch v9 yang diterbitkan pagi ini mendasarkan ulang seri terhadap keadaan upstream Git Linux 5.18 terbaru, memperbaiki penanganan tabel halaman 4 tingkat, disetel untuk selalu menggunakan tumpukan kernel 16KB, mengaktifkan dukungan efistub dan zboot, dan memiliki berbagai perbaikan dan kode lainnya perbaikan.
Dukungan kernel LoongArch Linux dalam bentuknya yang sekarang adalah sekitar dua puluh empat ribu baris kode baru.
Dukungan kernel LoongArch telah diblokir juga dengan kekurangan kompiler arus utama dengan dukungan kompiler LoongArch, tetapi GCC 12 baru-baru ini menggabungkan dukungan LoongArch di sana dan dengan demikian mengatasi prasyarat kompiler. Kita akan melihat apakah LoongArch berhasil datang untuk kernel v5.19 atau jika mainliningnya terseret lebih jauh.

Itulah berita seputar Patch LoongArch Diposting Lagi Untuk Mencoba Mendapatkan CPU Berasal dari MIPS Cina Ini Di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.