Patch MGLRU Linux Baru Terlihat Untuk Meningkatkan Skalabilitas Reclaim Global

  • Post author:
  • Post category:Linux

Di antara banyak fitur baru yang menarik di Linux 6.1 adalah penggabungan kode Multi-Gen LRU “MGLRU” sebagai salah satu inovasi kernel terbaik untuk tahun 2022 untuk merombak kode reklamasi halaman kernel Linux. Hasil kinerja sudah sangat menjanjikan dan MGLRU berhasil digunakan di Google dan penyebaran besar lainnya. Pekerjaan belum selesai untuk memajukan kernel lebih lanjut di area ini.
MGLRU terlihat bagus untuk Linux 6.1 dan terus dikembangkan. Insinyur Google Yu Zhao yang telah memimpin tambalan MGLRU untuk kernel Linux hulu minggu lalu mengirimkan serangkaian peningkatan baru.
Tambalan terbaru Yu Zhao mencakup memcg LRU. Inilah cara dia meringkas kerja fitur tambahan ini:
LRU memcg adalah LRU per-node dari memcgs. Ini juga merupakan LRU dari LRU, karena setiap kombinasi node dan memcg memiliki LRU folio (lihat mem_cgroup_lruvec()).
Tujuannya adalah untuk meningkatkan skalabilitas reklamasi global, yang sangat penting untuk overcommit memori di seluruh sistem di pusat data. Perhatikan bahwa memcg reclaim saat ini berada di luar jangkauan.
Kembung memorinya adalah penunjuk ke setiap vektor LRU dan dapat diabaikan ke setiap node. Dalam hal melintasi memcgs selama reklamasi global, ini meningkatkan kompleksitas kasus terbaik dari O(n) menjadi O(1) dan tidak memengaruhi kompleksitas kasus terburuk O(n). Oleh karena itu, rata-rata memiliki kompleksitas sublinier berbeda dengan kompleksitas linier saat ini.

Dalam hal reklamasi global, ia memiliki dua fitur berbeda:
1. Sharding, yang memungkinkan setiap utas dimulai pada memcg acak (pada generasi lama) dan meningkatkan paralelisme;
2. Keadilan akhirnya, yang memungkinkan klaim kembali langsung untuk menyelamatkan dan mengurangi latensi tanpa memengaruhi keadilan selama beberapa waktu. Sejauh ini hasil pengujian terbatas tetapi dengan skrip pengujian sampel untuk mengukur keefektifan, MGLRU dalam kondisi sangat baik.

He mengharapkan lebih banyak hasil tolok ukur untuk segera dibagikan. Lihat tambalan LRU memcg untuk detail lebih lanjut tentang karya MGLRU terbaru ini. Meskipun mengingat waktu tambalan ini, tambalan ini tidak diharapkan mendarat untuk siklus v6.2 mendatang.

Itulah berita seputar Patch MGLRU Linux Baru Terlihat Untuk Meningkatkan Skalabilitas Reclaim Global, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.