PeaZip 8.6 Dirilis dengan Tata Letak UI yang Lebih Dapat Disesuaikan, Ekstraksi dan Pengarsipan yang Lebih Baik


PeaZip 8.6 telah dirilis hari ini sebagai versi stabil terbaru dari pengelola arsip sumber terbuka, gratis, dan lintas platform ini untuk platform GNU/Linux, macOS, dan Windows.

PeaZip 8.6 hadir hampir dua bulan setelah versi 8.5 untuk memperkenalkan yang baru tema default yang disebut “Utama” yang menampilkan ikon yang dirancang untuk berintegrasi secara visual dengan sebagian besar desain sistem operasi yang didukung. Selain itu, ikon .ico dan .png baru sekarang tersedia di direktori (peazip)/res/share/icons untuk menyesuaikan lebih lanjut app.

Kontrol pemilih tema disederhanakan dalam rilis ini, serta pengaturan tata letak UI dengan memperkenalkan menu pop-up “Gaya” baru di sisi kanan bilah alat, yang menyatukan beberapa submenu yang digunakan untuk penyesuaian cepat UI, bilah status dan submenu navigasi yang lebih sederhana di menu konteks, serta navigasi terpadu menu untuk bilah alamat, remah roti, dan tampilan pohon.

Kemampuan ekstraksi dan pengarsipan PeaZip telah ditingkatkan juga dalam rilis ini dengan dukungan untuk opsi “Eksekusi segera” di Profil dan Preset untuk segera mulai mengompresi file yang dipilih tanpa memerlukan konfirmasi, serta opsi baru yang mencegah file yang diedit agar tidak langsung disimpan ke dalam arsip, dan dua opsi baris perintah baru (-add2preset N dan -add2custom) untuk mengompresi file menggunakan salah satu comp ression dan untuk memuat pengaturan kompresi khusus yang disimpan.

Selain itu, PeaZip 8.6 menambahkan menu pop-up “Session History” baru ke tombol “Back” dan “Forward”, menu pop-up breadcrumb ke tombol “Up ”, membuat label di bilah status layar Pengarsipan dan Ekstraksi dapat diklik kapan pun Anda ingin melihat informasi sintetis tentang suatu tugas, memperbaiki masalah dengan ukuran kamus untuk arsip ZIP menggunakan kompresi XZ, dan memperbarui backend ke Pea 1.07 dan Zstd 1.5.2 (Linux).

Anda dapat mengunduh PeaZip 8.6 sekarang juga dari situs web resmi sebagai paket biner untuk lingkungan GTK (GNOME, Xfce) dan Qt (KDE Plasma, LXQt) yang tidak memerlukan instalasi, atau Anda dapat menginstal pengelola arsip sumber terbuka sebagai aplikasi Flatpak dari Flathub. Jika Anda lebih suka mengompilasinya, tarball sumber tersedia untuk diunduh dari GitHub.

Sumber: Google, 9to5linux.com