Pekerjaan Driver Grafis Linux 6.1 Termasuk Peningkatan Intel Arc, Blok IP GPU AMD Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pembaruan driver Direct Rendering Manager (DRM) / Kernel Mode-Setting (KMS) telah dikirimkan untuk jendela gabungan Linux 6.1. Seperti biasa, banyak pekerjaan driver tampilan/grafis yang menarik terjadi di dalam driver Intel dan AMD Radeon open-source.
Di sisi driver Intel i915 ada lebih banyak pengaktifan work landing untuk Meteor Lake sebagai penerus Raptor Lake. Meteor Lake menampilkan grafik terintegrasi yang berasal dari kemampuan tingkat DG2/Alchemist. Pengaktifan Meteor Lake di sisi grafis tetap berlangsung tetapi setidaknya semua harus diselesaikan dengan baik sebelum peluncuran CPU Meteor Lake di H2`2023.
Ada juga peningkatan penanganan firmware GPU sebagai bagian dari perubahan Intel dan pekerjaan lanjutan pada grafis DG2/Alchemist.

Ada pembaruan firmware DMC untuk DG2, solusi preemption, peningkatan penanganan jam piksel HDMI, mengaktifkan DC5, dan berbagai perubahan lain untuk GPU diskrit Intel Arc Graphics baru. Saya sudah mencoba pohon DRM-Next beberapa hari yang lalu dengan Arc Graphics A750 dan A770 yang baru tetapi tidak menemukan perbedaan yang terukur dibandingkan dengan keadaan Linux 6.0. Lihat ulasan Linux Intel Arc Graphics A750/A770 hari ini untuk informasi lebih lanjut tentang kartu grafis DG2 ini yang akan dirilis minggu depan.
Di sisi AMD ada dukungan yang diperlukan untuk dukungan shader mesh RADV Vulkan yang andal, blok IP GPU baru yang diaktifkan untuk GPU / APU yang akan datang, dukungan reset “mode2” baru untuk RDNA2, dan peningkatan tingkat rendah lainnya. Banyak kode churn masih seputar RDNA3 sementara bulan depan kita akan mempelajari seberapa baik GPU AMD Radeon generasi berikutnya dapat bekerja pada driver open-source upstream.
Tidak ada perubahan driver NVIDIA (Nouveau) open-source utama sebagai bagian dari tarikan ini. Meskipun ada beberapa pembaruan driver panel, berbagai peningkatan driver MSM DRM seperti peningkatan ketahanan untuk pemulihan GPU seri Qualcomm Adreno 600, peningkatan penanganan resolusi untuk driver ASpeed ​​AST DRM, dukungan MT8195 DP dalam driver Mediatek, dukungan RK3568 dalam driver Rockchip DRM, dan peningkatan lainnya pada driver tampilan/grafis yang lebih kecil.
Lihat permintaan tarik ini untuk daftar lengkap perubahan fitur DRM dengan Linux 6.1.

Itulah berita seputar Pekerjaan Driver Grafis Linux 6.1 Termasuk Peningkatan Intel Arc, Blok IP GPU AMD Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.