Pembaruan Asahi Linux Membawa Dukungan Eksperimental Apple M2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Asahi Linux telah mengeluarkan pembaruan dengan dukungan awal untuk Mac Studio yang didukung oleh M1 Ultra SoC serta memiliki dukungan awal (eksperimental) untuk perangkat keras Apple M2 yang baru.
Asahi Linux telah menerbitkan pembaruan perangkat lunak terbaru yang menampilkan dukungan Apple M1/M2 Linux terbaru, berbagai bagian di antaranya belum di-mainstream. Dengan pembaruan perangkat lunak ini juga merupakan posting blog Asahi Linux baru yang menampilkan laporan status Juli 2022 mereka.
Kru open-source merekayasa balik Apple Silicon dan mengerjakan dukungan driver Linux memiliki sistem Mac Studio sekarang dalam kondisi yang layak untuk rilis perangkat lunak terbaru ini, dukungan Apple Bluetooth sedang dikerjakan dan harus mulai bekerja dengan pembaruan perangkat lunak terbaru, dan ada dukungan M2 eksperimental.
Asahi Linux berhasil memunculkan dukungan M2 dengan cukup cepat. Tetapi dukungan M2 dianggap “bahkan lebih eksperimental daripada dukungan M1, jadi mungkin ada bug”, keyboard tidak berfungsi di U-Boot/GRUB, dan sejauh ini hanya M2 MacBook Pro 13-inci yang telah diuji.
Asahi Linux juga telah membuat kemajuan dalam penanganan trackpad, output HDMI yang lebih andal, dan upaya yang sangat besar untuk meningkatkan akselerasi GPU untuk M1/M2.

Rincian lebih lanjut tentang status menjalankan Linux saat ini pada perangkat keras Apple M1/M2 dapat ditemukan di AsahiLinux.org.

Itulah berita seputar Pembaruan Asahi Linux Membawa Dukungan Eksperimental Apple M2, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.