Pembaruan Driver NVIDIA Beta Merevisi Dukungan Video Vulkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

NVIDIA pada hari Selasa merilis driver beta 515.49.18 Linux dan driver beta 517.55 untuk Windows. Yang paling menonjol dengan pembaruan driver beta Vulkan adalah merevisi dukungan untuk ekstensi sementara Video Vulkan terbaru.
Sayangnya, ekstensi encode/decode video Vulkan belum mendapatkan terlalu banyak adopsi dan perhatian pengguna, tetapi senang melihat NVIDIA terus mengikuti penerapan revisi terbaru dari ekstensi sementara ini.
Kembali pada bulan April 2021, ekstensi Video Vulkan tiba dalam bentuk sementara sebagai antarmuka enkode/dekode video standar industri yang baru. NVIDIA menyediakan dukungan driver beta langsung untuk ekstensi baru ini meskipun mereka terus mendukung antarmuka NVENC/NVDEC yang didukung dengan baik serta VDPAU. Sejak itu mereka terus merevisi dukungan bahkan dengan beberapa vendor driver Vulkan belum mengekspos ekstensi Video Vulkan, termasuk beberapa driver open-source.
Dengan pembaruan driver beta NVIDIA Vulkan Selasa untuk Windows dan Linux, mereka telah pindah untuk mendukung versi terbaru dari ekstensi KHR_video_queue, KHR_video_decode_queue, KHR_video_encode_queue, EXT_video_decode_h264, EXT_video_decode_h265, dan EXT_video_encode_h264. Ekstensi sementara yang diperbarui ini tidak kompatibel dengan versi ekstensi yang lebih lama. Sangat menyenangkan melihat pembaruan sementara secara terpisah juga masih disayangkan kelompok kerja Vulkan belum mempublikasikan ekstensi baru seputar encode/decode video VP9 dan AV1.
Binari driver NVIDIA Vulkan yang baru juga sekarang mengekspos ekstensi EXT_mutable_descriptor_type dan EXT_depth_clamp_zero_one. Ada juga perbaikan di sekitar kios pembuatan pipa multi-utas dan dukungan untuk pemuatan gambar/penyimpanan/atom dengan gambar linier.
Unduhan dan detail lebih lanjut di halaman beta NVIDIA Vulkan.
Dan inilah harapan bahwa adopsi Video Vulkan oleh driver dan perangkat lunak multimedia lepas landas lebih cepat daripada nanti …

Itulah berita seputar Pembaruan Driver NVIDIA Beta Merevisi Dukungan Video Vulkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.