Pengalaman & Performa Internet SpaceX Starlink

Tahun lalu saya mendaftar ke layanan Internet satelit Starlink SpaceX dengan harapan dapat menggunakannya untuk menggantikan koneksi Internet yang digunakan untuk menjalankan Phoronix. Setelah berbulan-bulan menggunakan Starlink dan melakukan ribuan tolok ukur, Starlink di wilayah midwest AS / Chicagoland telah terbukti dapat diandalkan tetapi kinerjanya masih agak tidak stabil dan awalnya membuat frustrasi menunggu beberapa aksesori Starlink dikirim, tetapi layanan mandiri sifat dan kesederhanaan pengaturannya sangat bagus.

Tujuan awal saya dengan Starlink adalah mengganti layanan Internet Comcast dengan Starlink sebagai koneksi Internet utama saya. Comcast di daerah saya semakin tidak dapat diandalkan dengan pemadaman Internet yang semakin meningkat baru-baru ini, Starlink akan sedikit lebih murah (awalnya $99 USD tetapi harga sejak dinaikkan menjadi $110, masih lebih baik dari $140 USD hanya untuk Internet Comcast tanpa batasan data), dan menyukai sifat swalayan dari pengaturan Starlink. Setelah berbulan-bulan pengujian, pada titik ini Starlink menambah koneksi Internet saya untuk membongkar beberapa sistem dan perangkat IoT ke sana dan menggunakannya sebagai cadangan selama periode waktu henti Comcast. Namun, kecepatan saat ini terlalu tidak dapat diandalkan untuk secara konsisten mengungguli koneksi Internet kabel Comcast — setidaknya untuk wilayah Midwest / Chicagoland AS.

Setelah awalnya memesan Starlink Kit tahun lalu, awal tahun ini saya diberitahu tentang ketersediaan — seperempat lebih cepat dari yang diperkirakan. Itu bagus dan kit $599 segera dikirim. Sayangnya untuk Starlink Kit yang diperbarui, stasiun pangkalan router / terminal pengguna hanya WiFi tanpa port Ethernet. Adaptor Ethernet untuk Starlink Kit tersedia untuk dibeli secara terpisah dengan harga $25 USD. Saat memesan kit, saya juga memesan Starlink Ethernet Adapter, Starlink Pipe Adapter, Starlink Short Wall Mount, dan Starlink Cable Routing Kit dengan penempatan yang belum diputuskan. Itu menghasilkan sakit kepala pertama dengan ketersediaan pada aksesoris Starlink. Sementara Starlink Kit yang memiliki penundaan ketersediaan dapat dimengerti dengan masalah rantai pasokan dan kekurangan semikonduktor, mengejutkan bahwa Starlink Pipe Adapter dan Starlink Wall Mount Kit tidak segera tersedia… Saat penulisan, empat bulan kemudian sepertinya ketersediaan mungkin telah berkurang karena Toko Starlink menunjukkan bahwa aksesori ini sekarang tersedia. Awalnya saya menunggu beberapa minggu mencoba memesan aksesori yang berbeda hanya untuk kemudian membatalkan pesanan saat pesanan tersebut tidak terpenuhi dalam perkiraan jendela pengiriman.

Dengan pemasangan di dinding dan adaptor pipa tidak tersedia pada saat setelah menunggu berminggu-minggu, saya memutuskan untuk memasangnya saja ke atap gudang saya. Kemiringan atap agak dangkal dan hanya menggunakan beberapa sekrup lag (dan patch waterproofing atap) dengan dasar Starlink standar telah berhasil. Starlink Kit aktif dan berjalan dengan mudah. Penyiapannya bebas masalah dan dengan aplikasi Starlink Android, mudah untuk menjalankan semuanya. Itu adalah pengalaman pengaturan yang luar biasa dan menyukai kesederhanaan pemasangan sendiri.

Tetapi kemudian sang istri tidak menyukai lokasi piringan Starlink di atap. Jadi setelah melepasnya dan menambal lubangnya, menunggu beberapa saat hingga kit pemasangan Starlink tersedia, dan semakin lelah menunggu, saya akhirnya memesan Dudukan Winegard DS2000A Universal 22 inci (Amazon.com, tautan afiliasi). Pemasangan di dinding satelit ini akhirnya berfungsi dengan baik dan tanpa masalah saat memasang parabola Starlink. Pemasangan ke sisi gudang mudah dan istri lebih suka lokasinya. Saya berharap awalnya saya tahu bahwa satelit Starlink kompatibel dengan mount ini daripada harus menunggu berminggu-minggu untuk aksesori resmi Starlink… Tapi sekarang saya tahu dan untungnya bagi pelanggan baru sepertinya ketersediaannya telah berkurang.

Setelah perangkat keras yang diperlukan, pengaturan Starlink sangat bagus dan mudah. Tidak ada keluhan dari perspektif itu dan kesenangan melayani diri sendiri tanpa pengawasan dan beban karena harus berurusan dengan perusahaan utilitas. Tapi sekarang untuk performa Starlink…

Itulah berita seputar Pengalaman & Performa Internet SpaceX Starlink, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.