Pengembang Valve Mulai Menusuk Dukungan Driver “RADV” Sumber Terbuka Untuk GFX11/RDNA3

Kontributor driver Mesa Radeon Vulkan “RADV” terkemuka Samuel Pitoiset dari tim driver open-source Valve telah mulai mengerjakan dukungan GFX11 untuk driver ini sebelum peluncuran kartu grafis AMD RDNA3 akhir tahun ini.
Seperti yang harus diketahui oleh sebagian besar pembaca Phoronix, driver Mesa RADV Vulkan bukanlah driver AMD resmi bahkan dengan ini menjadi default pada sebagian besar semua distribusi Linux dan sangat populer di kalangan gamer Linux. RADV dimulai sebagai proyek Google / Red Hat dan terus dikerjakan oleh “komunitas” serta keterlibatan signifikan beberapa tahun terakhir oleh pengembang yang telah disewa Valve untuk mengerjakan tumpukan / driver grafis Linux open-source. RADV terus mendukung GPU baru dengan cepat dan bekerja dalam kondisi sangat baik dibandingkan dengan driver AMDVLK open-source resmi atau driver AMD Vulkan eksklusif yang dikirimkan sebagai bagian dari solusi paket Perangkat Lunak Radeon mereka. RADV juga telah bertahan dengan baik melawan kompetisi kepemilikan NVIDIA Vulkan.
Samuel Pitoiset dari Valve telah mulai mengerjakan dukungan GFX11, mesin grafis untuk RDNA3. Namun karena jauh sebelum peluncuran dan dilaporkan belum memiliki akses ke kartu RDNA3 pra-produksi, perubahan sedang dibangun secara bertahap dan berdasarkan perubahan yang dilakukan pada perubahan AMD yang dilakukan pada Mesa untuk kode umum dan driver RadeonSI Gallium3D sebagai serta ada banyak aktivitas di sekitar GFX11 di LLVM untuk back-end kompiler shader AMDGPU.
Pekerjaan RADV tidak hanya melibatkan driver Vulkan yang tepat tetapi juga back-end kompiler “ACO” yang dimulai oleh Valve dan digunakan oleh RADV sebagai kompiler shader sebagai pengganti back-end AMDGPU LLVM. Digabungkan ke Mesa 22.2 adalah awal dari perubahan yang belum teruji untuk dukungan GFX11 dalam RADV dan back-end kompiler ACO sementara driver secara opsional dapat mundur ke target LLVM jika perlu.
Sementara dalam beberapa tahun terakhir berfokus pada dukungan AMD/RADV untuk Valve dalam Mesa, Samuel Pitoiset memulai kontribusi grafis open-source sebagai kontributor driver Nouveau. (XDC2015)

Pitoiset berkomentar dalam penggabungan awal di sisi ACO, “Tentu saja belum diuji dan kemungkinan tidak lengkap, tetapi saya pikir akan lebih mudah untuk mendapatkan perubahan GFX11 secara bertahap.” Plus ada perubahan lain yang sudah digabungkan juga seperti memaksa GFX11 dalam kode RADV Winsys, dll.
Cari dukungan GFX11 di Mesa — baik untuk RadeonSI dan RADV — untuk disempurnakan selama beberapa minggu/bulan mendatang. Meskipun RADV tidak dikembangkan secara resmi oleh AMD, tidak mengherankan jika mendengar bahwa semakin dekat dengan peluncuran kartu grafis AMD Radeon generasi berikutnya, para pengembang Valve ini memiliki tangan mereka pada kartu lebih awal untuk dapat menyelesaikan driver open-source mereka. mendukung.

Itulah berita seputar Pengembang Valve Mulai Menusuk Dukungan Driver “RADV” Sumber Terbuka Untuk GFX11/RDNA3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.