Pengguna Ubuntu 20.04 LTS Sekarang Akhirnya Dapat Meng-upgrade ke Ubuntu 22.04 LTS, Begini Caranya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Ubuntu 22.04.1 LTS keluar hari ini sebagai rilis titik pertama untuk seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) yang didukung jangka panjang dan Canonical akhirnya membuka jalur peningkatan untuk pengguna Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa). Anda tidak tahu, Canonical membuka jalur pemutakhiran dari rilis Ubuntu LTS sebelumnya ke rilis Ubuntu LTS baru sekitar enam bulan setelah peluncuran yang terakhir, tetapi tidak setelah itu menerbitkan rilis titik pertama ke seri Ubuntu LTS baru (di kasus ini Ubuntu 22.04.1 LTS). Ini dilakukan untuk memastikan proses pemutakhiran yang aman.

Tentu saja, Ubuntu 20.04 LTS akan tetap didukung selama tiga tahun lagi, hingga April 2025, jadi tidak ada yang memaksa Anda untuk meningkatkan penginstalan yang sempurna dan kokoh jika Anda tidak mau, tetapi, secara pribadi, saya sarankan untuk memutakhirkan ke Ubuntu 22.04 LTS jika Anda ingin menikmati banyak fitur barunya termasuk seri lingkungan desktop GNOME 42 terbaru, mode Gelap dan Terang baru, warna aksen, dukungan RDP, dan banyak lagi.
Cara memutakhirkan Ubuntu 20.04 LTS ke Ubuntu 22.04 LTS
Sebelum mencoba memutakhirkan instalasi Ubuntu 20.04 LTS Anda, pastikan Anda telah menginstal semua pembaruan yang tersedia dan Anda memiliki cadangan terbaru dari file terpenting Anda (Anda tahu, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang buruk selama proses pemutakhiran ).

Jika Anda belum menerima pemberitahuan bahwa Ubuntu 22.04 LTS tersedia untuk ditingkatkan, buka utilitas Pembaruan Perangkat Lunak dan akan meminta Anda bahwa Ubuntu 22.04 LTS “Jammy Jellyfish” sekarang tersedia, s o cukup klik tombol “Upgrade”.

Anda kemudian akan diminta oleh dialog yang lebih besar dengan informasi lebih lanjut tentang rilis Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish). Klik tombol “Upgrade” pada dialog yang lebih besar untuk benar-benar memulai proses upgrade, yang akan memakan waktu hingga satu jam atau lebih untuk menyelesaikannya, tergantung pada bandwidth Internet dan spesifikasi komputer Anda.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengikuti tampilan di layar petunjuk untuk peningkatan yang berhasil. Sebelum proses peningkatan dimulai, Anda akan diberitahu tentang paket apa yang akan ditingkatkan, diinstal, atau dihapus, bahwa Anda harus menutup semua jendela dan dokumen yang terbuka untuk menghindari kehilangan data, dan bahwa layar kunci telah dinonaktifkan dan akan tetap dinonaktifkan selama proses pemutakhiran.

Selama proses pemutakhiran, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan bahwa browser web Mozilla Firefox hanya akan disediakan sebagai paket Snap. Sayangnya, rilis Ubuntu terbaru tidak lagi menawarkan paket Firefox asli dalam format file .deb, jadi Anda tidak akan dapat menukar paket Snap dengan DEB di Ubuntu 22.04 LTS.

Ketika proses peningkatan selesai, Anda akan diberitahu tentang paket usang yang akan dihapus dan diminta untuk me-restart komputer Anda untuk menyelesaikan upgrade, tapi jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum melakukannya.

Itu saja! Anda sekarang menjalankan Ubuntu 22.04 LTS, jadi nikmati fitur barunya!

Sumber: Google, 9to5linux.com