Pensando Mengirim Patch Linux Terbaru Untuk Memunculkan Elba DPU SoC

Awal pekan ini adalah berita tentang AMD yang mengakuisisi Pensando dalam kesepakatan $1,9 miliar yang diperkirakan akan ditutup pada Q2. Pengumuman akuisisi tidak memperlambat upaya mereka dengan hari ini membawa versi terbaru dari patch kernel Linux mereka untuk membawa Elba SoC.
Elba SoC Pensando adalah unit pemrosesan data (DPU) yang awalnya berfokus setidaknya pada sakelar jaringan pintar. Elba Pensando telah dikenal selama dua tahun sekarang dan penerus DPU Capri mereka sebelumnya. Aruba CX 10000 yang diumumkan tahun lalu adalah salah satu sakelar yang sejauh ini menggunakan Pensando Elba. Fitur chip Elba:
– Enam belas inti ARM64 A72
– Pengontrol memori DDR 4/5 ganda
– 32 jalur PCIe Gen3/4 ke Host
– Antarmuka jaringan: Dual 200GE, Quad 100GE, 50GE, 25GE, 10GE dan juga satu port manajemen 1GE.
– Penyimpanan / pembongkaran crypto dan 144 inti P4 yang dapat diprogram.
– QSPI dan EMMC untuk penyimpanan SoC
– Dua antarmuka SPI untuk manajemen periferal
– Bus I2C untuk manajemen platform Seperti yang penting untuk sebagian besar perangkat keras jaringan perusahaan akhir-akhir ini, Pensando telah bekerja pada dukungan Linux arus utama untuk SoC mereka.
Sakelar seri Aruba CX 10000 yang ditenagai oleh SoC Pensando Elba.

Seri patch ini memiliki binding DeviceTree terbaru dan perubahan lain untuk menampilkan SoC Elba pada kernel arus utama. Jika semuanya berjalan dengan baik, kita dapat melihat pengaktifan ini berpotensi dikunci untuk kernel v5.19. Senang melihat dukungan ini menjadi arus utama untuk startup jaringan ini dan kontribusi kernel upstream mereka pasti akan terus berlanjut — dan idealnya menjadi lebih kuat — di bawah payung AMD sebagai bagian dari ekspansi pusat data mereka secara keseluruhan.

Itulah berita seputar Pensando Mengirim Patch Linux Terbaru Untuk Memunculkan Elba DPU SoC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.