Perbaikan AMD P-State, Memperbaiki s2idle Untuk Beberapa Laptop Rembrandt Memimpin ACPI/PM Untuk Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

ACPI, manajemen daya, dan permintaan tarik subsistem termal telah dikirim untuk kernel Linux 6.1 yang sedang dikembangkan.
Manajemen daya mengubah siklus ini tidak terlalu menarik tetapi ada beberapa kode lanjutan yang berputar di sekitar driver amd_pstate. Ketika datang ke driver AMD P-State, ada sejumlah perbaikan. Perbaikan driver AMD P-State melibatkan pembacaan status kinerja terendah yang salah, memetakan perf yang diinginkan ke dalam lingkup p-state untuk gubernur hemat daya, memperbarui waktu tunda transisi frekuensi P-State, dan memperbaiki nilai perf tertinggi awal. Kita akan melihat seberapa baik perbaikan ini bekerja untuk AMD P-State dengan Linux 6.1. Jika Anda melewatkannya, lihat benchmark AMD P-State pagi ini di Rembrandt dengan Linux 6.0.
Insinyur AMD juga telah mengerjakan driver AMD P-State EPP tetapi sayangnya itu bukan bagian dari materi fitur Linux 6.1 ini.
Di sisi driver Intel P-State, ada dukungan Tiger Lake saat beroperasi dalam mode no-HWP (Hardware P-States). Beberapa pekerjaan manajemen daya lainnya termasuk dukungan untuk Tegra239 SoC, dukungan Intel Alder Lake N dalam driver Intel_Idle, dan berbagai perbaikan bug.
Daftar lengkap tambalan manajemen daya untuk jendela penggabungan Linux 6.1 dapat ditemukan melalui permintaan tarik ini oleh pengelola Rafael Wysocki dari Intel.
Rafael juga mengirimkan pembaruan ACPI untuk Linux 6.1. Penting di sini adalah memperbaiki suspend-to-idle (s2idle) pada lebih banyak laptop AMD Rembrandt. Sampai sekarang laptop AMD Rembrandt yang baru diperbaiki untuk dukungan s2idle meliputi:
– ASUS ROG Flow X16 GV601
– ASUS ROG Flow X13 GV301
-Lenovo Slim 7 Pro 14ARH7
– ASUS ROG Zephyrus G14
– ASUS TUF Gaming A17 FA707RE
Ini berasal dari pekerjaan yang dibahas bulan lalu di AMD Mempersiapkan Perbaikan s2idle Untuk Laptop ASUS yang Didukung AMD Ryzen 6000 Series dan Laptop AMD Ryzen Lainnya Lihat Perbaikan Suspend-To-Idle. Jika menurut Anda laptop Anda mungkin menghadapi masalah firmware seputar suspend-to-idle, parameter kernel acpi.prefer_microsoft_guid=1 ditambahkan dengan Linux 6.1 untuk menerapkan perilaku ini dengan mudah ke model laptop lain untuk pengujian.
ASUS ROG Flow x16

Sangat menyenangkan melihat perbaikan platform klien AMD Ryzen ini datang langsung dari para insinyur AMD dengan perusahaan meningkatkan upaya klien Linux mereka dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan dengan masa lalu sementara masih belum cukup untuk tingkat kontribusi dan pemberdayaan awal seperti yang umumnya terlihat oleh Intel.
Ada juga berbagai perbaikan dan perubahan DT sebagai bagian dari pembaruan termal yang dikirim hari ini oleh Rafael.

Itulah berita seputar Perbaikan AMD P-State, Memperbaiki s2idle Untuk Beberapa Laptop Rembrandt Memimpin ACPI/PM Untuk Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.