Perbaikan Kinerja Intel Alder Lake Akan Di-Backport Ke Linux 5.15 LTS

Seorang insinyur kernel Canonical sekarang mengusulkan perbaikan kinerja Intel P-State untuk prosesor Intel Alder Lake generasi terbaru yang di-porting kembali ke seri Linux 5.15 LTS. Pada gilirannya ini kemudian harus diambil oleh kernel Ubuntu 22.04 yang bergerak maju dan yang lainnya pada seri dukungan jangka panjang terbaru untuk Linux ini. Ini mengikuti artikel Phoronix minggu lalu, Pengguna Intel Alder Lake Di Ubuntu 22.04 LTS Akan Ingin Beralih ke Kernel yang Lebih Baru. Di sana saya menunjukkan bagaimana kinerja Linux 5.16 dan yang lebih baru secara keseluruhan secara signifikan lebih baik daripada Linux 5.15 dan sebelumnya pada Core i9 12900K dan CPU hybrid Alder Lake lainnya yang menggunakan campuran inti P dan E. Seperti yang dijelaskan dalam artikel, salah satu perbaikan utama di Linux 5.16 adalah patch ini dari November untuk driver Intel P-State untuk dukungan ITMT pada sistem “overclock” (dalam hal ini, overclock bisa menjadi mode yang dioptimalkan untuk profil memori dan sejenisnya dan bukan overclocking konvensional dari kecepatan CPU itu sendiri). Sementara patch itu pada dasarnya adalah tiga baris kode baru dan agak lurus ke depan, patch itu tidak pernah di-back-port ke seri stabil kernel Linux mana pun tetapi dibiarkan sebagai v5.16+.

Now setelah mengungkapkan semua itu secara publik dan menunjukkan keuntungan signifikan dari v5.16+ dibandingkan dengan kernel Linux 5.15 saham Ubuntu 22.04, tambalan tersebut sedang berjalan menuju rilis titik Linux 5.15 di masa mendatang. Insinyur kanonik Dimitri John Ledkov pagi ini mengirimkan patch November itu di milis stabil dalam upaya untuk mendaratkannya untuk seri v5.15. Jadi dengan asumsi tidak ada keberatan yang diajukan (yang seharusnya tidak menjadi masalah karena perubahannya agak lurus ke depan), itu akan segera muncul di rilis titik Linux 5.15 hulu untuk dinikmati semua orang — termasuk Ubuntu 22.04 dalam menarik tambalan dari upstream dan kemudian muncul dalam pembaruan rilis stabil untuk Jammy Jellyfish. Pertimbangkan untuk bergabung dengan Phoronix Premium atau tip PayPal jika menikmati pengujian perangkat keras Linux dan pembandingan kinerja tanpa henti. Terima kasih! Pembaruan: Patch sekarang dalam antrian untuk seri stabil 5.15!

Itulah berita seputar Perbaikan Kinerja Intel Alder Lake Akan Di-Backport Ke Linux 5.15 LTS, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.