Performa Enam Distribusi Linux Pada HP Dev One

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai tindak lanjut dari ulasan HP Dev One minggu lalu untuk laptop HP yang telah dimuat sebelumnya dengan System76`s Pop!_OS dan dioptimalkan untuk pengalaman Linux yang baik lengkap dengan dukungan Fwupd/LVFS, berikut adalah tolok ukur HP Dev One saat mencoba Arch Linux, Ubuntu 22.04, Fedora Workstation 36, openSUSE Tumbleweed, dan Clear Linux selain instalasi default Pop!_OS 22.04.

Minggu ini saya menghabiskan waktu mencoba lima distribusi Linux lainnya selain Pop !_OS. Kelima distribusi Linux modern lainnya ini berjalan dengan baik di HP Dev One, tidak terlalu mengejutkan mengingat Pop!_OS sendiri berasal dari Ubuntu 22.04 meskipun dengan kernel yang lebih baru, berbagai perbaikan laptop AMD telah di-upstream, dan bentuknya yang kokoh akhir-akhir ini untuk dukungan laptop AMD Cezanne modern oleh komponen perangkat lunak utama Linux.

Penginstalan dan pengujian Ubuntu, Fedora, Arch, openSUSE, dan Clear Linux berjalan lancar dan mulus di HP Dev One. Jadi, bahkan jika Anda tidak menyukai Pop!_OS tetapi ingin mendukung HP Dev One sebagai penawaran laptop Linux utama dengan harga bersaing dan didukung oleh pilihan Ryzen 7 PRO 5850U yang baik, distribusi Linux lainnya berjalan dengan baik. Distribusi Linux modern lainnya dengan kernel Linux dan Mesa terbaru diharapkan dapat berjalan dengan baik juga.

Sebagai pengingat, HP Dev One dilengkapi dengan AMD Ryzen 7 PRO 5850U dan menggunakan grafis Vega terintegrasi, 16GB RAM secara default, 1TB SK Hynix NVMe SSD, dan layar 14 inci 1080p 1000 nit. Setiap distribusi Linux diinstal dalam konfigurasi stok/out-of-the-box mereka untuk pengujian. Selain melihat performa mentah, konsumsi daya CPU dan suhu inti CPU juga dipantau selama benchmarking OS Linux ini di HP Dev One.

Itulah berita seputar Performa Enam Distribusi Linux Pada HP Dev One, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.