Perubahan Driver Intel Gallium3D “Iris” Digabungkan Untuk Rusticls OpenCL 3.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara tumpukan Intel Compute-Runtime sepenuhnya open-source dan sudah menyediakan dukungan OpenCL 3.0 untuk generasi terbaru grafis Intel di Linux, sepertinya implementasi “Rusticl” Rust OpenCL yang baru-baru ini digabungkan di Mesa akan segera bekerja juga di Intel perangkat keras grafis sebagai alternatif implementasi OpenCL 3.0.
Minggu lalu Mesa 22.3 menggabungkan Rusticl sebagai driver OpenCL Gallium3D yang ditulis Rust yang dikerjakan oleh Karol Herbst di Red Hat. Driver CL yang ditulis Rust ini menyediakan dukungan OpenCL 3.0 lengkap dengan dukungan gambar CL dan bekerja untuk berbagai aplikasi yang menggunakan OpenCL.
Jason Ekstrand dari Collabora baru-baru ini menangani perubahan driver Intel Iris untuk membagi beberapa batasan dan menyiapkan dukungan hingga 128 tekstur dan hingga 64 gambar. Perubahan driver Intel Iris itu digabungkan beberapa menit yang lalu, yang diperlukan untuk kompatibilitas Rusticl seperti yang dicatat oleh Jason dan Karol. Karol berkomentar, “Sangat membutuhkan ini untuk mendapatkan iris CL 3.0 yang sesuai dengan rusticl :)”
Selain driver Intel Iris, pekerjaan Rusticl juga telah diuji dengan driver Nouveau Gallium3D, penggantian perangkat lunak swrast, dan awal minggu ini dukungan Panfrost ditambahkan juga untuk Arm Mali OpenCL.
Juga di bagian depan Rusticl adalah MR ini yang masih dalam peninjauan untuk mengurangi overhead peluncuran kernel.
Sementara Intel telah memberikan dukungan OpenCL yang hebat selama bertahun-tahun dengan tumpukan Compute-Runtime “NEO” mereka (dan sebelum itu dengan proyek Beignet!), manfaat dari dukungan Rusticl adalah bahwa semua jalur utama dalam Mesa dan tersedia di banyak distribusi Linux repositori. Jumlah distribusi Linux yang secara aktif mengemas Compute-Runtime, Intel Graphics Compiler, dan dependensi terkait jauh lebih kecil, jadi setidaknya jika dukungan Rusticl ini berjalan dengan baik, ini adalah cara yang bagus untuk menikmati OpenCL dengan UHD Graphics / Arc Graphics jika tidak mau atau dapat menginstal tumpukan komputasi penuh Intel.

Itulah berita seputar Perubahan Driver Intel Gallium3D “Iris” Digabungkan Untuk Rusticls OpenCL 3.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.