Perubahan Linux 6.1 Bertujuan Untuk Deteksi Otomatis Logitech HID++ Dukungan Pengguliran Resolusi Tinggi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Saat ini driver Logitech HID++ Linux “hid-logitech-hidpp” bergantung pada daftar statis dari quirks perangkat untuk menunjukkan mouse Logitech mana yang mendukung pengguliran resolusi tinggi. Dengan kernel Linux 6.1 yang akan datang, rencananya adalah mengubah daftar perangkat/keanehan tersebut dan secara otomatis menentukan apakah perangkat mendukung pengguliran resolusi tinggi.
Pendekatan saat ini dari perangkat daftar putih efektif yang mendukung pengguliran resolusi tinggi HID++ rentan terhadap pengalaman pengguna yang buruk khususnya untuk perangkat Logitech baru yang belum ditambahkan ke daftar quirk, terutama dengan Logitech tidak mempertahankan daftar tetapi masalah diserahkan kepada komunitas open-source. Untungnya pengembang Bastien Nocera telah meningkatkan driver hid-logitech-hidpp untuk benar-benar mendeteksi dukungan pengguliran resolusi tinggi dan dengan demikian memungkinkan daftar tersebut dihilangkan.

Tambalan ini diantrekan di cabang HID untuk berikutnya sebelum jendela penggabungan Linux 6.1 segera dibuka.
Perubahan ini akan mendeteksi apakah HID++ 1.0 hi-res scroll, HID++ 2.0 hi-res scroll atau HID++ 2.0 hi-res scroll wheel didukung, dan mengaktifkan fitur tanpa perlu quirks.
Diuji pada mouse Logitech M705 yang tidak didukung sebelum perubahan ini. Pengguna dapat melihat baris logitech-hidpp di dmesg untuk pesan seperti “Detected HID++ 2.0 hi-res scroll wheel” dalam menentukan apakah mouse Linux Anda menggunakan scroll resolusi tinggi / dukungan roda gulir resolusi tinggi. Perubahan ini diharapkan akan melihat lebih banyak perangkat Logitech yang sekarang mendukung fitur ini di Linux yang sebelumnya bukan bagian dari daftar quirk perangkat. Ini lebih berguna dengan desktop Linux modern sekarang karena Wayland mendukung acara gulir resolusi tinggi dan telah ada dukungan libinput sejak awal tahun ini.
Juga dengan Linux 6.1 bahwa driver sekarang mencoba mengaktifkan HID++ untuk semua perangkat Bluetooth Logitech.

Itulah berita seputar Perubahan Linux 6.1 Bertujuan Untuk Deteksi Otomatis Logitech HID++ Dukungan Pengguliran Resolusi Tinggi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.