Perubahan Perf Linux 5.19 Membawa Tiga Fitur AMD Terkemuka

  • Post author:
  • Post category:Linux

Perubahan acara perf yang mendarat minggu lalu untuk kernel Linux 5.19 membawa beberapa pembaruan PMU platform yang menarik di sisi AMD sementara juga mendukung CPU yang lebih baru di sisi Intel.
Perubahan platform PMU di sisi Intel termasuk dukungan untuk prosesor Alder Lake N dan Raptor Lake P. Model Alder Lake dan Raptor Lake lainnya sebelumnya ditambahkan ke kode kinerja Intel sementara Alder Lake N dan Raptor Lake P ditinggalkan sampai sekarang dengan ditambahkan ke kode kernel. Hanya diperlukan ID baru tanpa perbedaan lain dari sisi PMU dengan chip baru ini.
Perubahan PMU platform di sisi AMD jauh lebih seru dengan Linux 5.19:
Ekstensi AMD Zen 4 IBS telah digabungkan. Ini untuk kapabilitas Instruction-Based Sampling (IBS) baru yang hadir dengan peluncuran prosesor Zen 4 akhir tahun ini. Tambalan Linux membuatnya cukup jelas bahwa dukungan IBS baru akan datang dengan Zen 4 dan bukan keluarga prosesor mendatang/masa depan yang tidak jelas. Dengan prosesor Zen 4 ada berbagai perubahan Pengambilan Sampel Berbasis Instruksi:
Ekstensi DataSrc menyediakan detail sumber data tambahan untuk operasi pemuatan/penyimpanan yang ditandai. Tambahkan dukungan untuk bit baru ini di laporan perf/skrip raw-dump.
Pemfilteran miss L3 IBS bekerja dengan menandai instruksi pada counter overflow IBS dan menghasilkan NMI jika instruksi yang ditandai menyebabkan kesalahan L3. Sampel tanpa L3 miss dibuang dan counter direset dengan nilai acak (antara 1-15 untuk fetch pmu dan 1-127 untuk op pmu). Ini membantu dalam mengurangi overhead pengambilan sampel ketika pengguna hanya tertarik pada sampel tersebut. Salah satu kasus penggunaan sampel yang difilter tersebut adalah untuk memasukkan data ke daemon migrasi halaman dalam sistem memori berjenjang.
Tambahkan dukungan untuk pemfilteran miss L3 di driver IBS melalui atribut pmu baru “l3missonly”.AMD PerfMonV2 juga didukung dengan Linux 5.19. Ada berbagai perubahan pada kernel yang diperlukan untuk kemampuan Pemantauan Kinerja AMD yang diperbarui yang datang dengan CPU AMD baru – Zen 4 tidak disebutkan secara eksplisit di sini tetapi diasumsikan demikian. AMD Performance Monitoring V2 memiliki register “global” baru untuk mengaktifkan/menonaktifkan beberapa penghitung kinerja secara bersamaan. Dengan Pemantauan Kinerja AMD hingga saat ini, kontrol penghitung kinerja yang berbeda semuanya harus diatur secara individual sementara sekarang dapat diatur dengan mudah dalam sekali jalan menggunakan register global yang ada. AMD Performance Monitoring V2 juga memungkinkan untuk secara sistematis mendeteksi jumlah PMC inti daripada ditetapkan secara statis pada basis per keluarga. Tambalan telah keluar untuk ditinjau dan dikancingkan tepat waktu untuk Linux 5.19.
Ekstensi IBS baru dan PerfMonV2 adalah untuk CPU Zen 4 mendatang sementara BRS Branch Sampling mendarat di Linux 5.19 sebagai fitur yang akhirnya terhubung untuk Zen 3 dan yang lebih baru.

Untuk prosesor AMD Zen 3 yang ada, ada fungsi Branch Sampling “BRS” baru yang sekarang didukung dengan Linux 5.19. Kembali ke tahun lalu adalah patch AMD BRS yang diposting oleh Google untuk mengintegrasikan kemampuan Branch Sampling perangkat keras baru ke dalam subsistem kinerja Linux. AMD BRS dengan Zen 3 memungkinkan untuk mengumpulkan detail cabang yang diambil selama eksekusi kode. Insinyur Google telah mengerjakan dukungan AMD BRS ini dengan fokus nyata pada pemanfaatan data untuk memasukkannya ke dalam pengoptimalan kompiler gaya AutoFDO pada prosesor AMD. Itu untuk kompiler untuk memanfaatkan data perangkat keras yang dikumpulkan untuk membuat keputusan pengoptimalan yang lebih terinformasi/akurat berdasarkan profil itu.
Setelah kode Sampling Cabang AMD ditinjau dan direvisi beberapa bulan terakhir, ada baiknya melihat AMD BRS sudah siap dan berhasil digabungkan sebagai bagian dari perubahan acara perf untuk Linux 5.19. AMD BRS juga diharapkan hadir dalam prosesor Zen 4 mendatang, tetapi setidaknya fitur ini akhirnya hadir untuk pelanggan Zen 3 juga.
Perubahan AMD ini dan tambalan acara perf lainnya dapat ditemukan melalui tarikan ini di Linux 5.19.

Itulah berita seputar Perubahan Perf Linux 5.19 Membawa Tiga Fitur AMD Terkemuka, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.