Perubahan XWayland “Rootfull” Digabungkan Untuk Menjalankan Lingkungan Desktop Lengkap

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara XWayland biasanya digunakan hanya untuk menjalankan aplikasi tunggal tanpa root seperti game dalam desktop Wayland asli, patch baru dari Red Hat yang telah digabungkan ke dalam Server X.Org meningkatkan mode operasi “root-full” XWayland yang sudah ada untuk memungkinkan seluruh lingkungan desktop dan pengelola jendela berfungsi dengan baik dalam konteks XWayland.
Insinyur Red Hat Olivier Fourdan dan Adam Jackson telah mendiskusikan peningkatan “rootfull” XWayland dalam beberapa minggu terakhir dan buah dari pekerjaan itu kini telah digabungkan. Melalui pelacak masalah Server X.Org telah menjadi diskusi selama dua bulan terakhir tentang peningkatan mode rootfull XWayland untuk lingkungan X11 lawas.
Beberapa tambalan yang digabungkan hari ini dengan jelas menyatakan: “Ini berguna saat menjalankan lingkungan desktop lengkap dalam Xwayland rootful.”

Di antara perubahan yang digabungkan ke X.Org Server Git untuk XWayland termasuk mode layar penuh untuk rootfull (juga dieja sebagai “rootful” untuk beberapa tambalan), dukungan pengambilan perangkat palsu, dukungan opsional untuk libdecor saat menjalankan layar penuh, bukan otomatis mengunci penunjuk saat dalam mode rootfull, dan berbagai tambalan lain untuk memperkuat kasus penggunaan untuk dapat menjalankan desktop dan pengelola jendela lengkap dalam jendela XWayland.
Semua perubahan dirangkum dalam MR ini yang ditujukan sebagai peningkatan integrasi desktop untuk XWayland. Akan menarik untuk melihat bagaimana Red Hat memanfaatkan ini dan berpotensi untuk memindahkan beberapa desktop yang didukung non-Wayland untuk berjalan di dalam XWayland, katakanlah Fedora untuk menghilangkan lebih banyak komponen perangkat keras/DDX lama.

Itulah berita seputar Perubahan XWayland “Rootfull” Digabungkan Untuk Menjalankan Lingkungan Desktop Lengkap, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.