Platform Linux yang Dapat Diadaptasi SUSE Mempertimbangkan Memerlukan CPU x86_64 Berkemampuan AVX

  • Post author:
  • Post category:Linux

SUSE/openSUSE Adaptable Linux Platform (ALP) yang dipandang sebagai penerus SUSE Linux Enterprise 15 kemungkinan akan memerlukan persyaratan sistem yang lebih tinggi untuk CPU x86_64. Seberapa baru persyaratan dukungan Intel/AMD akan belum diputuskan dengan tegas tetapi mereka melihat pada dasar “x86-64-v3” yang secara efektif berarti membutuhkan Advanced Vector Extensions (AVX).
Dengan pekerjaan dalam beberapa tahun terakhir di sekitar tingkat fitur arsitektur mikro x86_64 untuk tumpukan kompiler, insinyur SUSE telah mengincar baseline x86-64-v2 daripada x86_64 biasa seperti yang ditargetkan saat ini. Basis x86-64-v2 berarti di sekitar CPU Intel Nehalem dan yang lebih baru dengan memerlukan SSE3, SSE4.1, SSE4.2, SSSE3, dan ekstensi kumpulan instruksi baru lainnya di atas x86_64 ISA dasar. Target x86-64-v2 adalah apa yang digunakan dengan Red Hat Enterprise Linux 9. Tetapi SUSE dapat mendorong hal-hal lebih tinggi dan sebagai gantinya menggunakan x86-64-v3 sebagai target dasar mereka.
Dengan x86-64-v3, AVX, AVX2, BMI1, BMI2, F16C, FMA, LZCNT, MOVBE, dan XSAVE semuanya menjadi ekstensi yang diperlukan. Ini membutuhkan persyaratan CPU hingga era Intel Haswell atau di sisi AMD di sekitar Excavator.
x86-64-v3 pada dasarnya berarti CPU 64-bit x86 era Intel Haswell atau yang lebih baru akan menjadi persyaratan dukungan mereka. Manajer rilis

SUSE Lubos Kocman baru-baru ini membuka tiket publik atas pertimbangan (ulang) x86_64 v3 mereka untuk upaya ALP. Ada beberapa penolakan dari komunitas atas rencana target v3 mereka dan mereka mungkin akhirnya pindah ke v2 tergantung pada bagaimana diskusi berlangsung.
Perlu diingat ini adalah untuk upaya Platform Linux Adaptable SUSE yang tidak diharapkan untuk dikirimkan sampai setelah SUSE Linux Enterprise 15 SP5 (openSUSE Leap 15.5) dengan pembaruan yang diharapkan sekitar Mei 2023 dan dengan demikian masih beberapa waktu lagi hingga ALP — tidak seperti RHEL9 dengan x86-64-v2 yang memulai debutnya sebagai GA pada bulan Mei. Jadi dalam mengakomodasi waktu sampai ALP benar-benar akan dikirimkan, x86-64-v3 mungkin tidak terlalu menjadi masalah.
Akan menarik untuk melihat apa yang diputuskan untuk tingkat fitur arsitektur mikro x86_64 dari Platform Linux yang Dapat Diadaptasi. Ini mengikuti peningkatan RHEL9 ke v2, berbagai upaya Arch Linux untuk meningkatkan baseline atau menyediakan paket yang lebih optimal, dan upaya lain yang terbentuk di seluruh ekosistem. Akan menarik untuk melihat apakah Ubuntu atau pemain besar lainnya memutuskan untuk (kembali) mengevaluasi baseline mereka dalam waktu dekat, yang akan sangat bagus untuk melihat atau setidaknya berfungsi multi-versi dan upaya bantuan kompiler lainnya untuk mengeksploitasi kemampuan dengan lebih baik. dari CPU modern.

Itulah berita seputar Platform Linux yang Dapat Diadaptasi SUSE Mempertimbangkan Memerlukan CPU x86_64 Berkemampuan AVX, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.