PoCL 3.1 Dirilis – Peningkatan SPIR-V Untuk Driver CPU & CUDA, Driver WIP Vulkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

PoCL 3.1 keluar hari ini sebagai pembaruan fitur terbaru untuk “Bahasa Komputasi Portabel” yang secara efektif merupakan implementasi OpenCL portabel yang awalnya mulai berfokus pada implementasi OpenCL berbasis CPU dan telah berkembang untuk mendukung driver back-end tambahan melalui LLVM untuk menargetkan NVIDIA CUDA, driver Vulkan eksperimental, dan target akselerator lainnya.
PoCL 3.1 menyediakan kompatibilitas dengan rilis LLVM/Clang 15.0, beralih menggunakan nama perangkat huruf kecil untuk pengaturan platform melalui variabel lingkungan “POCL_DEVICES”, telah ada pengerjaan ulang besar pada driver perangkat kustom, dukungan SPIR-V yang jauh lebih baik, lanjut bekerja untuk mengimplementasikan driver Vulkan, dan implementasi dasar OpenCL cl_khr_command_buffer.

Pekerjaan SPIR-V dalam PoCL 3.1 difokuskan pada peningkatan dukungan Khronos IR untuk back-end driver PoCL dan driver CUDA PoCL.
Mirip dengan proyek lain yang mengimplementasikan OpenCL di atas Vulkan API, PoCL juga membuat kemajuan di sana. Driver PoCL Vulkan yang saat ini tidak lengkap ini bergantung pada libvulkan dan clspv dan sejauh ini telah diuji terhadap driver Mesa Vulkan open-source. Pengemudi saat ini mengimplementasikan sebagian besar Vulkan 1.2 API sementara belum berfungsi adalah dukungan gambar OpenCL, tidak ada cache perintah buffer, dan elemen lain yang hilang.
Mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang PoCL 3.1 atau mengunduhnya dapat menemukannya di GitHub.

Itulah berita seputar PoCL 3.1 Dirilis – Peningkatan SPIR-V Untuk Driver CPU & CUDA, Driver WIP Vulkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.