“PREEMPT_RT” Real-Time Bekerja Hingga Hanya 50 Patch Di Atas Linux 6.0-rc1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah rilis Linux 6.0-rc1 hari Minggu kemarin, rilis 6.0-rc1-rt1 kemarin terlihat sebagai kumpulan patch untuk menyediakan dukungan kernel real-time di atas basis kode upstream. Hanya ada sekitar 50 tambalan yang tersisa hingga fungsionalitas PREEMPT_RT menjadi utama!
Khususnya sejak Intel mengakuisisi Linutronix pada bulan Februari, ada titik terang di ujung terowongan untuk membuat pekerjaan real-time Linux di-upstream. Mendapatkan tambalan PREEMPT_RT upstream sudah sangat dekat dengan keadaan akhir Juli hanya tinggal dua blok jalan lagi dan dapat diaktifkan untuk v5.20 — sekarang dikenal sebagai v6.0. Itu tidak terjadi untuk jendela penggabungan v6.0, tetapi kami sekarang hanya memiliki 50 patch out-of-tree yang tersisa.
Dengan Linux 5.19, seri patch RT terdiri dari 57 patch tetapi berkat beberapa perubahan yang disiapkan di upstream 6.0, itu turun menjadi hanya 50 patch. Dari 50 patch itu juga tidak terlalu buruk karena ada lima patch misalnya yang agak sepele untuk hanya mengaktifkan dukungan real-time (RT) di file Kconfig untuk ARM / ARM64 / POWER / x86 / x86_64. Ada juga beberapa tambalan yang masing-masing khusus untuk POWER dan kode driver grafis i915.
Dukungan real-time pada kernel Linux arus utama sudah sangat dekat…

Mereka yang penasaran dapat melihat patch Linux 6.0 RT saat ini untuk pekerjaan yang masih belum ada. Mudah-mudahan pekerjaan real-time ini akan berhasil melewati garis finish akhir tahun ini dengan Linux 6.1, yang seharusnya menjadi tonggak yang sangat menarik mengingat kemungkinan juga akan menjadi kernel dengan dukungan MGLRU untuk kinerja yang lebih baik dan penanganan memori yang rendah serta mudah-mudahan menjadi kernel yang menambahkan infrastruktur bahasa pemrograman Rust awal.
Dukungan real-time pada kernel arus utama harus cocok dengan fitur kernel terbaru lainnya juga seperti verifikasi run-time untuk sistem kritis keamanan, di antara peningkatan lainnya dan penambahan dukungan perangkat keras yang memperkuat Linux pada platform tertanam.

Itulah berita seputar “PREEMPT_RT” Real-Time Bekerja Hingga Hanya 50 Patch Di Atas Linux 6.0-rc1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.