Qt 6.4 Dirilis Dengan Promosi WebAssembly, Qt HTTP Server

  • Post author:
  • Post category:Linux

Perusahaan Qt pagi ini merilis Qt 6.4 sebagai pembaruan setengah tahun terbaru mereka untuk perangkat open-source dan lintas platform yang populer ini.
Qt 6.4 menampilkan dukungan WebAssembly yang dipromosikan dari status “pratinjau teknologi” sebelumnya dan sekarang berarti Qt WASM siap untuk digunakan lebih besar. Qt 6.4 juga dilengkapi modul pratinjau teknologi baru dari Qt HTTP Server dan Qt Quick 3D Physics. Qt TextToSpeech juga telah dipindahkan ke dunia Qt 6.
Modul Qt HTTP Server memudahkan penyematan server HTTP dalam aplikasi, lengkap dengan dukungan TLS opsional. Namun, dokumentasi modul mengakui meskipun tidak memiliki kekokohan dan keamanan untuk digunakan sebagai server web yang menghadap ke Internet tetapi lebih difokuskan untuk kebutuhan layanan web berbasis lokal/LAN yang lebih kecil.
Qt Quick 3D Physics dalam bentuk “tech preview” menyediakan API simulasi fisika tingkat tinggi untuk berinteraksi dengan benda kaku dan jerat statis.
Terbatas untuk pelanggan Qt Commercial, Qt 6.4 juga menghadirkan modul Qt VNC Server baru. Qt 6.4 juga membawa sejumlah tambahan API ke Qt Core, banyak peningkatan Qt Quick, QSSlServer telah ditambahkan ke Qt Network sebagai server yang hanya berkomunikasi melalui TLS, Qt Quick 3D menawarkan pratinjau dukungan pembuatan lightmap, rendering bayangan yang ditingkatkan untuk Qt 3D Cepat, API akses sistem file HTML5 untuk Qt WebEngine, dan animasi yang lebih halus di Qt Quick.
Detail lebih lanjut tentang perubahan Qt 6.4 dapat ditemukan melalui blog Qt. Sementara itu tahun depan pengguna dapat menantikan Qt 6.5 yang akan menjadi Rilis Dukungan Jangka Panjang (LTS) dan akan melihat peningkatan seputar tema untuk desktop Linux serta Windows 11 plus terus meningkatkan kinerja QML, di antara perubahan lainnya.

Itulah berita seputar Qt 6.4 Dirilis Dengan Promosi WebAssembly, Qt HTTP Server, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.