Qt Creator 8 Open-Source IDE Membawa Plugin Baru, CMake, dan Peningkatan Python

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Qt Project dirilis hari ini Qt Creator 8 sebagai versi utama dari lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) open-source, gratis, dan lintas platform untuk sistem GNU/Linux, Android, macOS, iOS, dan Windows.

Qt Creator 8 ada di sini sekitar empat bulan setelah Qt Creator 7 dan memperkenalkan plugin eksperimental baru untuk mendukung alat analisis cakupan kode Coco dengan menampilkan cakupan kode sebagai anotasi di editor kode Qt Creator, serta GitLab, memungkinkan Anda untuk menelusuri dan mengkloning proyek, atau untuk menghubungkan checkout Anda untuk menerima pemberitahuan acara di tampilan Kontrol Versi.

Rilis ini juga membawa peningkatan untuk pengembang Python karena beralih ke server bahasa python-lsp-server baru secara default, yang dapat Anda konfigurasikan dari halaman preferensi Konfigurasi Server Python > Bahasa. Selain itu, Qt Creator sekarang mengetahui perubahan yang belum disimpan dalam file UI.

Untuk proyek CMake, Qt Creator 8 memperkenalkan template konfigurasi build “Profil” baru yang menggabungkan tipe build CMake “RelWithDebInfo” dengan “QML debugging and profiling”.
“ Alih-alih melakukan hardcoding opsi debugging QML untuk “Debug” dan “RelWithDebInfo” CMake tipe build di template proyek kami, kami sekarang hanya mengandalkan opsi “Debug dan pembuatan profil QML” di Qt Creator, yang sekarang diaktifkan secara default untuk “Debug ” dan konfigurasi build “Profil”. Direktori build yang ada tidak terpengaruh,” kata devs.
Untuk pengembang Android, Untuk pengembang Android, Qt Creator 8 menambahkan opsi baru untuk memungkinkan Anda menghubungkan perangkat melalui Wi-Fi dan memperbaiki beberapa masalah yang terkait dengan alat Android SDK yang lebih baru, untuk Pengembang iOS meningkatkan kecepatan penyebaran berturut-turut saat mengembangkan, dan untuk pengembang Docker membawa dukungan untuk proses dan file jarak jauh.

Di bawah tenda, Qt Creator 8 menghapus fallback model kode berbasis libclang karena sekarang hanya bergantung pada Clangd dan in -rumah implementasi klien LSP. Untuk mesin pengembangan dengan RAM rendah, Qt Creator sekarang akan menonaktifkan Clangd secara default dan memberi tahu Anda.

Untuk detail selengkapnya tentang perubahan yang disertakan dalam pembaruan besar ini, lihat log perubahan lengkap. Sementara itu, Anda dapat mengunduh Qt Creator 8.0 untuk menginstalnya pada distribusi GNU/Linux Anda dari situs resminya.

Sumber: Google, 9to5linux.com