Qt Creator 9 Dirilis dengan Dukungan Eksperimental Squish, C++ dan Perbaikan QML

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek Qt dirilis hari ini Qt Creator 9 sebagai versi stabil terbaru dari IDE (Lingkungan Pengembangan Terpadu) sumber terbuka, gratis, dan lintas platform ini yang menghadirkan fitur dan peningkatan baru.

Qt Creator 9 hadir sekitar empat bulan setelah Qt Creator 8 dan memperkenalkan dukungan Squish eksperimental melalui plugin baru yang memungkinkan Anda membuka rangkaian uji Squish yang ada, membuat rangkaian uji dan kasus uji baru, merekam kasus uji, menjalankan rangkaian atau kasus uji dan melihat hasilnya dalam output Squish menggunakan Squish Runner dan Server.

The plugin baru juga memungkinkan Anda menyetel breakpoint sebelum menjalankan pengujian jika Anda ingin memaksanya berhenti di lokasi tertentu dan memeriksa variabel lokal. Karena ini adalah plugin eksperimental, Anda perlu mengaktifkannya secara manual di Bantuan > Tentang Plugin > Utilitas > Squish.

Di antara berbagai peningkatan kinerja, rilis Qt Creator 9 meningkatkan kemampuan pengeditan IDE dengan opsi baru yang memungkinkan Anda memvisualisasikan indentasi (ditandai dengan garis vertikal) pada dokumen, sekaligus untuk mengubah spasi baris. Anda dapat mengonfigurasi kedua opsi baru ini masing-masing di Editor Teks > Tampilan dan Editor Teks > Font & Warna.

Untuk C++, rilis ini memungkinkan Anda menggunakan satu instans Clangd untuk seluruh sesi daripada satu instans per proyek, yang mungkin berguna saat Anda memiliki beberapa proyek terbuka, yang terkait erat, di sesi yang sama. Selain itu, Qt Creator 9 hadir dengan opsi baru di Clangd 15 yang memungkinkan Anda mengatur prioritas utas latar belakang Clangd dan memungkinkan Anda mengedit pengaturan gaya kode C++ secara langsung di dialog Preferensi.

Untuk QML, rilis ini meningkatkan pembukaan file QML dari membangun direktori daripada dari direktori sumber saat mengikuti simbol dan memastikan bahwa breakpoint dan posisi kursor tidak lagi hilang saat menggunakan fitur pemformatan ulang.

Untuk CMake, rilis ini memperkenalkan dukungan untuk mengonfigurasi dan membuat prasetel, termasuk kondisi dan file rantai alat, serta kemampuan untuk mengubah lingkungan yang digunakan untuk menjalankan CMake pada waktu konfigurasi dalam mode Proyek.

Terakhir, Qt Creator menambahkan browser file untuk dukungan Docker untuk mengakses file dan direktori jarak jauh, dan meningkatkan deteksi otomatis pada jarak jauh dan wizard perangkat. Selain itu, sekarang dimungkinkan untuk menyetel perangkat Linux jarak jauh sebagai perangkat build untuk kit.

Anda dapat mengunduh Qt Creator 9 sekarang juga dari situs resminya sebagai penginstal biner universal yang dapat Anda jalankan di hampir semua distribusi GNU/Linux. Sementara itu, lihat halaman pengumuman rilis untuk membaca lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan di rilis ini.

Sumber: Google, 9to5linux.com