Qualcomm Memposting Driver Akselerator DRM “QAIC” Untuk Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah Qualcomm mengumumkan Cloud AI 100 Accelerator mereka pada tahun 2019, pada tahun 2020 selama masa-masa awal pandemi, mereka memposting driver Linux untuk akselerator ini. Driver itu tidak diambil untuk kernel Linux arus utama dan dua tahun kemudian masih ada sedikit keriuhan di sekitar perangkat keras Qualcomm AI Cloud Accelerator. Namun, sekarang mereka telah memposting driver Linux baru yang menggunakan rute driver DRM.
Insinyur Qualcomm hari ini memposting 14 patch untuk mengimplementasikan dukungan Qualcomm Cloud AI Accelerator dalam bentuk driver Direct Rendering Manager (DRM). Driver DRM Linux secara tradisional untuk GPU tetapi mereka memiliki banyak kesamaan dengan perangkat keras AI/akselerator dan itulah sebabnya sekarang ada beberapa kartu akselerator yang ditujukan untuk penggunaan subsistem DRM. Ini juga memberi umpan balik ke dalam perdebatan apakah kernel Linux membutuhkan subsistem akselerator atau hanya hidup di dalam area DRM. Upaya driver Qualcomm 2020 hanya bertujuan untuk char/misc.
Driver DRM QAIC ini dirancang untuk mendukung kartu PCIe akselerator Qualcomm Cloud AI untuk beban kerja inferensi pembelajaran mendalam. Driver ini awalnya menargetkan perangkat keras Cloud AI 100 / AIC100 dan SA9000P, dengan yang terakhir menjadi bagian dari produk Snapdragon Ride. Beberapa kartu Qualcomm Cloud AI dapat digunakan bersama-sama untuk kinerja yang lebih baik.

Patch “permintaan komentar” awal untuk driver kernel Qualcomm AI Accelerator Linux yang baru ini dapat ditemukan di milis dri-devel. Pada saat penulisan, saya belum melihat patch ruang pengguna open-source baru untuk tumpukan Qualcomm AI 100 dengan perlu ada komponen ruang pengguna open-source juga jika driver ini berharap untuk menjadi mainstream.
Qualcomm Cloud AI 100 menawarkan hingga 16 inti AI, 144MB SRAM on-die, diproduksi pada proses 7nm, dan kartu PCIe mendukung PCIe 4.0 x8. Kartu PCIe memiliki rating 400 TOPS pada TDP 75 Watt..

Itulah berita seputar Qualcomm Memposting Driver Akselerator DRM “QAIC” Untuk Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.