Radeon Open-Source Vulkan Driver Mengaktifkan Ray Queries Secara Default

Apa yang dimulai sebagai harapan untuk mengaktifkan penelusuran sinar RADV secara default telah menyebabkan kueri sinar awalnya diaktifkan secara default.
Konstantin Seurer telah mengaktifkan dukungan kueri sinar Vulkan secara default dalam driver RADV untuk Mesa 22.2. Bulan lalu dukungan KHR_ray_query ditambahkan ke RADV sebagai upaya terbaru penelusuran sinar Vulkan mereka. Kueri Ray berhasil diuji dengan berbagai demo, benchmark GravityMark, Quake II RTX, dan banyak lagi. Tapi seperti dukungan ray-tracing RADV pada umumnya, dinonaktifkan secara default kecuali menggunakan variabel lingkungan “RADV_PERFTEST=rt” untuk mengaktifkan ekstensi.
Pengembang Mesa telah menentukan bahwa dukungan kueri ray setidaknya dalam kondisi cukup baik untuk diaktifkan secara default. Dengan aktivitas Git hari ini, kueri sinar dan pembangunan struktur akselerasi diaktifkan secara default untuk kartu RDNA2 (seri Radeon RX 6000).
Sementara itu, perubahan ini juga mengubah opsi untuk meniru ekstensi Vulkan RT untuk GPU lama. Bendera “RADV_PERFTEST” untuk mengaktifkan emulasi RT sebelumnya adalah “emulate_rt” tetapi sekarang disetel sebagai “force_emulate_rt” untuk diaktifkan, jika Anda ingin mencoba penggunaan Vulkan RT pada GPU Radeon yang lebih lama.
Dukungan ray-tracing RADV terus meningkat sebagai alternatif dari dukungan resmi Vulkan RT dalam driver Vulkan lintas platform milik AMD. Sementara itu, driver AMDVLK open-source AMD masih belum mengekspos dukungan ray-tracing.

Harapan dengan pengaktifan default adalah untuk menghasilkan lebih banyak pengujian pengguna dan laporan bug untuk lebih memperkuat dukungan ray-tracing RADV, “Ray kueri dan pembuatan struktur akselerasi cukup stabil sekarang sehingga kami dapat mengaktifkan fitur tersebut untuk CI dan lebih banyak umpan balik dan laporan bug.”
Variabel lingkungan RADV_PERFTEST=rt dapat digunakan untuk mengaktifkan semua ekstensi penelusuran sinar Vulkan untuk sementara waktu pada GPU RDNA2. Pengaktifan default kueri ray ini akan ditemukan di rilis Mesa 22.2 kuartal berikutnya kecuali jika terlalu banyak masalah yang ditampilkan di mana mereka masih dapat mengembalikan perubahan ini.

Itulah berita seputar Radeon Open-Source Vulkan Driver Mengaktifkan Ray Queries Secara Default, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.