Radeon R600 Gallium3D Beralih Ke Backend NIR Modern Secara Default

  • Post author:
  • Post category:Linux

Setelah kerja keras oleh pengembang Gert Wollny dengan keinginan untuk meningkatkan driver “R600g” yang sudah tua yang menyediakan dukungan OpenGL open-source untuk Radeon HD 2000 melalui kartu grafis seri HD 6000, driver Gallium3D di Mesa 22.3 ini sekarang akan menggunakan NIR back- berakhir secara default.
Gert Wollny telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengerjakan back-end R600g NIR untuk menggunakan representasi perantara modern (IR) yang sudah digunakan oleh driver RadeonSI Gallium3D yang lebih baru, driver Intel, dan lainnya. Back-end NIR ini secara default menggantikan back-end TGSI, IR konvensional yang awalnya digunakan oleh driver Mesa Gallium3D.
Beralih ke NIR memungkinkan untuk memanfaatkan pengoptimalan IR yang lebih umum, IR ini ditujukan untuk kebutuhan pengemudi modern, dan kemungkinan kinerja yang lebih baik dibandingkan back-end TGSI yang sudah tua.
GPU AMD lama terus mengalami peningkatan driver Linux berkat kodenya menjadi open-source.

Peralihan ke NIR secara default untuk R600g digabungkan pagi ini sehingga semua bug/masalah pemblokir yang diketahui telah diatasi. Rencana setelah Mesa 22.3 adalah berpotensi menghapus dukungan TGSI R600g di Mesa 23.0.
Dengan Mesa 22.3 untuk tujuan perbandingan, back-end TGSI lama masih dapat dikembalikan dengan variabel lingkungan R600_DEBUG=use_tgsi. Jalur kode SB tidak diaktifkan secara default dengan back-end NIR tetapi itu juga dapat diaktifkan, untuk itu ada variabel lingkungan R600_DEBUG=nirsb.
Pengembang AMD belum secara aktif mengerjakan driver Mesa R600 Gallium3D dalam beberapa tahun tetapi berkat kode yang sepenuhnya open-source dan pengembang yang bersemangat, driver untuk prosesor grafis AMD pra-GCN yang menua ini terus meningkat.
Stabil Mesa 22.3 akan keluar pada akhir November atau Desember tergantung pada bagaimana jadwal rilis dimainkan. Saya perlu menemukan waktu segera untuk membersihkan beberapa kartu grafis Radeon HD lama yang didukung oleh R600g untuk melihat perbedaan yang dibuat oleh back-end NIR R600g ini.

Itulah berita seputar Radeon R600 Gallium3D Beralih Ke Backend NIR Modern Secara Default, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.